Tautan-tautan Akses

AS

Tersangka penembak Pittsburgh Benci pada LSM Bantuan Pengungsi Yahudi


Para aktivis membentangkan spanduk dalam demonstrasi yang digelar oleh HIAS, LSM komunitas Yahudi untuk membantu para imigran. Unjuk rasa digelar di luar Capitol, di Washington, 14 September 2017.

"Sambut orang asing. Lindungi pengungsi."

Ini adalah slogan salah satu lembaga penempatan pengungsi tertua di Amerika, Hebrew Immigrant Aid Society, yang kini lebih dikenal dengan singkatan HIAS.

Selama lebih dari satu abad, HIAS membantu orang-orang yang terlantar dan baru tiba di negeri Paman Sam. Pekerjaan HIAS itulah yang mengundang kemarahan penembak massal Robert Bowers sebelum ia melepaskan tembakan di sebuah sinagoga di Pittsburgh, Pennsylvania, Sabtu (27/10), yang menewaskan 11 orang.

Pihak berwenang mengatakan Bowers meneriakkan "Semua orang Yahudi harus mati" ketika ia melepaskan tembakan. Ia untuk pertama kalinya hadir di pengadilan pada Senin (29/10) pagi dan menghadapi 29 tuduhan.

"Tidak ada kata-kata yang bisa mengungkapkan kesedihan kami karena peristiwa di Pittsburgh pagi ini," kata staf HIAS dalam pernyataan yang dikeluarkan beberapa jam setelah penembakan itu. "Kehilangan ini adalah kehilangan kita."

Satu-satunya kaitan yang diketahui antara sinagoga dan lembaga pengungsi itu adalah kaitannya dengan kepercayaan Yahudi. Tree of Life adalah rumah ibadah dan bukan afiliasi HIAS di Pittsburgh.

Tetapi berdasarkan semua laporan Bowers diduga memusatkan perhatian untuk menyasar komunitas Yahudi.

Screenshot mengenai komentar-komentar yang dibuatnya di situs jejaring sosial Gab beberapa jam sebelum penembakan menunjukkan bahwa HIAS adalah target kemarahan anti-Yahudinya: "HIAS senang (sic) membawa penyusup yang membunuh warga kita. Saya tidak bisa duduk dan menonton warga kita dibantai," tulis Bowers. "Terserah pandangan Anda, saya akan bertindak."

Situs Gab di non-aktifkan setelah serangan tersebut.

Dalam postingan lainnya dua setengah minggu sebelumnya, ia menuduh HIAS "membawa masuk penyusup untuk tinggal di antara kita." Sementara dalam postingan lainnya ia merujuk pada "orang-orang jahat Yahudi yang kotor membawa warga Muslim jahat yang Kotor ke negeri ini !!"

Bowers dituduh melakukan pembunuhan, percobaan pembunuhan dan kejahatan yang didasarkan atas kebencian sehingga kasus penembakan ini menjadi penyelidikan federal. [my]

XS
SM
MD
LG