Tautan-tautan Akses

Tersangka Pendukung Setia Taliban Bunuh 8 Polisi Afghanistan


Distrik Almar, Afghanistan

Para pejabat di Afghanistan barat laut menyatakan seorang tersangka pemberontak Taliban telah menewaskan sedikitnya delapan polisi, hanya beberapa hari setelah ia menyerahkan diri dan bergabung dengan kepolisian.

Pembantaian itu berlangsung tadi malam di sebuah pos pemeriksaan keamanan di Almar, distrik di provinsi Fayrab.

Juru bicara kepolisian setempat, Karim Yorosh, mengatakan kepada VOA hari Jumat bahwa pembunuh merampas semua senjata dan amunisi sebelum kabur dari pos tersebut. Para korban kebanyakan masih sekerabat, lanjutnya.

Anggota Taliban itu dilaporkan telah menyerahkan diri kepada polisi setempat 15 hari silam dan kembali ke kelompok pemberontak itu setelah melancarkan serangan. Gubernur Mohammad Saleh mengatakan kepada TOLO TV bahwa pembunuh tersebut meracuni aparat keamanan sebelum menembaki mereka.

Taliban masih aktif di beberapa distrik di Faryab dan baru-baru ini melancarkan serangan besar di ibukota provinsi, Mainama, dalam upayanya merebut kota itu. Tetapi pasukan keamanan Afghanistan menangkis upaya tersebut, memaksa pemberontak mundur ke tempat-tempat perlindungan mereka di dekatnya.

Jumlah korban di pihak pasukan keamanan Afghanistan mencapai rekor sewaktu bertempur melawan Taliban tahun lalu. Mereka kehilangan sekitar 7.000 personel sementara lebih 11 ribu lainnya luka-luka, sebut militer Amerika. [uh/as]

XS
SM
MD
LG