Tautan-tautan Akses

Terkait Uji Coba Peluncuran Rudal Korea Utara, Menlu AS: Perlu Tindakan Global untuk Hentikan Ancaman Global


FILE - Menlu AS Rex Tillerson saat berbicara di Departemen Luar Negeri AS, 27 Juni 2017.

Menteri luar negeri Amerika, Rex Tillerson mengatakan diperlukan tindakan global untuk menghentikan ancaman global oleh uji coba peluncuran yang dilakukan Korea Utara atas apa yang tampaknya sebagai rudal balistik antar benua.

Tindakan terbaru Korea Utara itu, kata Tillerson hari Selasa “merupakan eskalasi baru dalam ancaman terhadap Amerika, sekutu dan mitra Amerika dan dunia’.

Tillerson mengatakan, negara mana saja yang menampung pekerja-tamu dari Korea Utara, memberi bantuan ekonomi atau militer atau gagal melaksanakan resolusi PBB mengenai Korea Utara ‘adalah sama dengan membantu dan bersekongkol dengan satu rezim berbahaya’.

Korea Utara mengatakan berhasil menguji-coba rudal balistik antar benua (ICBM) dan mengklaim roket pengantarnya mampu membawa ‘kepala peluru nuklir yang lebih besar dan berat’. Berdasarkan analisis atas trayek bersudut tajam yang ditelusur roket itu, pakar-pakar Amerika mengatakan misil itu tampaknya mempunyai jarak tempuh yang bisa mencapai Alaska, meskipun dalam uji coba hari Selasa roket tersebut jatuh ke Laut Jepang. [ps/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG