Tautan-tautan Akses

Terdampak Pandemi, Museum Musik Country di Nashville Gelar Konser Online


Plakat kuningan hall of fame untuk menghormati penyanyi musik country Johnny Cash terbungkus hitam dengan mawar merah di samping di County Music Hall of Fame and Museum di Nashville, Tennessee, 12 September 2003. (Foto: Reuters)

Kota Nashville di negara bagian Tennessee selalu dikenal sebagai kampung halaman musik country. Kini sebuah museum terkenal di kota tersebut mengadakan sebuah konser untuk menggalang dana dengan memanfaatkan koleksi instrumen langka yang dipamerkan di sana.

Sejak diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Amerika akibat pandemi Covid-19, banyak museum di kota-kota besar yang menjadi pusat kunjungan wisata terpukul keuangannya, salah satunya adalah Museum Country Music Hall of Fame di Nashville. Kini museum tersebut memanfaatkan koleksi instrumen bersejarah mereka yang tak ternilai dan langka, untuk menggalang dana.

Museum itu memproduksi sebuah film sepanjang 90 menit yang menampilkan para bintang musik country, blues dan bluegrass memainkan instrumen-instrumen bersejarah yang turut membentuk musik country. Para bintang itu termasuk nama-nama terkenal seperti Kane Brown, Emmylou Harris, Miranda Lambert, Ashley McBryde, Reba McEntire, Tim McGraw, Keb' Mo', Brad Paisley, Ricky Skaggs, Marty Stuart dan masih banyak lagi.

The Country Music Hall of Fame itu terpaksa ditutup untuk beberapa bulan tahun ini dan baru dibuka kembali dengan kapasitas terbatas belum lama ini, seperti dikatakan Kyle Young, CEO museum tersebut.

Penyanyi country Kacey Musgraves berpose di depan pameran barunya di Country Music Hall of Fame and Museum di Nashville, Tennessee, 1 Juli 2019. (Foto: AP)
Penyanyi country Kacey Musgraves berpose di depan pameran barunya di Country Music Hall of Fame and Museum di Nashville, Tennessee, 1 Juli 2019. (Foto: AP)

Kyle Young mengatakan dengan pembukaan terbatas sekalipun, tidak semua tiket laris terjual, karena tentunya arus pengunjung belum tidak seperti dulu. Diperkirakan museum itu telah kehilangan pendapatan sebesar $35 juta tahun ini.

Sebagai pertunjukan untuk penggalangan dana ini, musisi Kane Brown akan memainkan gitar milik bintang country legendaris Randy Travis. Demikian pula gitar milik para sesepuh music country, seperti Loretta Lynn dan John Prine, akan dimainkan masing-masing oleh Ashley McBryde dan Miranda Lambert, musisi country kontemporer.

Menurut CEO Museum The Country Music Hall of Fame Kyle Young, ini merupakan caranya menghubungkan mereka dengan sejarah masa lalunya.

Kyle Young mengatakan para musisi country jaman kontemporer ini terhubung dengan para musisi legendaris yang mempengaruhi mereka dan cara mereka memainkan musiknya pada jaman sekarang.

Salah satu musisi country tersebut adalah spesialis bluegrass Ricky Skaggs, yang memainkan instrument mandolin buatan tahun 1923 yang digunakan oleh Bill Monroe salah satu pencipta aliran musik bluegrass. Menurut Ricky, instrumen mandolin ini bagaikan bagian sejarah Bill Monroe yang terus bersamanya.

Ricky Skaggs mengatakan mandolin tersebut bukanlah sekedar alat musik biasa, melainkan bisa menjadi sebuah suara nyanyian di tangan seorang pemain yang handal seperti Bill Monroe, dan kadang tak banyak orang yang menyadari betapa berharganya itu.

Terdampak Pandemi, Museum Musik Country di Nashville Menggelar Konser Online Guna Menutupi Kekurangan Dana
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:04:09 0:00

Demikian pula musisi blues Keb Mo yang mendapat giliran memainkan sebuah gitar dari tahun 1928 yang digunakan oleh Jimmie Rodgers yang dikenal sebagai salah satu perintis era rekaman musik country.

Keb Mo mengatakan bahwa ia belum menyadari betapa pentingnya hal itu saat ia diminta memainkan gitarnya Jimmie Rodgers, sampai pada saat ia benar-benar memegang instrument gitarnya dan benar-benar mulai memainkannya.

Acara konser virtual tersebut diberi nama “Big Night (at The Museum)” dan dapat disaksikan mulai tanggal 28 Oktober lewat saluran Youtube Museum Country Hall of Fame. [aa/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG