Tautan-tautan Akses

Terdakwa Dalang Serangan Mumbai 2008 Dibebaskan


Hafiz Saeed, pimpinan partai keagamaan Pakistan, Jamaat-ud-Dawa, di luar pengadilan Lahore, Pakistan, 22 November 2017.

Pihak berwenang Pakistan telah membebaskan seorang ulama militan yang diburu Amerika, yang dituduh mendalangi serangan-serangan tahun 2008 di Mumbai, India, yang menewaskan 168 orang.

Hari Rabu, sebuah pengadilan di Pakistan menolak permohoman pemerintah agar memperpanjang tahanan rumah terhadap Hafiz Saeed hingga tiga bulan lagi dan memerintahkan pembebasannya, seraya menyebut pemerintah tidak dapat mendukung dengan fakta tuduhan-tuduhan terorisme terhadapnya.

Saaed ditetapkan sebagai teroris oleh Departemen Kehakiman Amerika, yang menjanjikan imbalan 10 juta dolar bagi penangkapannya hidup atau mati. Ia dibebaskan dari tahanan rumah sebelum Jumat subuh.

Saeed memimpin organisasi Jamaat-ud-Dawa, yang diduga menjadi garis depan bagi kelompok militan Lashkar-e-Taiba yang berada di belakang serangan di Mumbai, India.

Pakistan menempatkan Saeed dan empat pembantunya dalam tahanan rumah di Lahore pada Januari lalu menyusul meningkatnya tekanan Amerika terhadap Islamabad untuk mengendalikan kelompok-kelompok militan. Para pembantu Saeed telah lebih dulu dibebaskan.

India pada Kamis lalu mengecam putusan pengadilan Pakistan untuk membebaskan Saeed dari tahanan rumah. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG