Tautan-tautan Akses

Tentara NATO Tewaskan 4 Warga Sipil Afghanistan


Pasukan NATO menembaki sebuah bis di Afghanistan Selatan hari Senin, menewaskan sedikitnya empat warga sipil dan memicu protes anti-AS.

Pasukan NATO menembaki sebuah bis di Afghanistan Selatan hari Senin, menewaskan sedikitnya empat warga sipil dan memicu protes anti-Amerika.

NATO mengatakan tentara menembak setelah bis itu mendekati konvoi mereka dalam kecepatan tinggi sebelum subuh dan supirnya tidak mengindahkan sinyal suar dan tanda-tanda peringatan lainnya.

Seorang perempuan berada diantara korban yang tewas dalam insiden di distrik Zhari, propinsi Kandahar.

Dalam pernyataannya, tentara sekutu menyampaikan rasa duka yang mendalam atas hilangnya nyawa dalam insiden itu. Tim gabungan NATO dan Afghanistan telah tiba di Zhari untuk menyelidiki kasus tersebut.

Puluhan warga turun ke jalan-jalan di kota Kandahar memprotes atas pembunuhan itu. Para pendemo meneriakkan “ Mati Amerika” dan mendesak Presiden Hamid Karzai turun. Mereka juga menutup jalan utama keluar kota tersebut.

Presiden Hamid Karzai yang akhir-akhir ini sedang bersitegang dengan Amerika, mengeluarkan pernyataan yang mengutuk peristiwa tersebut.

XS
SM
MD
LG