Tautan-tautan Akses

4 Tentara Tewas dalam Bentrokan di Perbatasan Sudan Selatan-Uganda


Peta perbatasan Sudan Selatan-Uganda (foto: ilustrasi).

Masing-masing dua tentara Sudan Selatan dan Uganda tewas dalam sebuah bentrokan, Selasa (27/10) di dekat perbatasan kedua negara, menurut juru bicara militer Sudan Selatan.

Mayor Jenderal Lul Ruai Koang, juru bicara Pasukan Pertahanan Rakyat Sudan Selatan menyatakan sebuah satuan militer yang dipersenjatai dari Pasukan Pertahanan Rakyat Uganda (UPDF) melakukan sebuah "serangan besar" ke wilayah Sudan Selatan.

“Satuan itu melancarkan serangan mendadak di pos perbatasan pertahanan di Pogee, Kabupaten Magwi wilayah negara bagian Equatoria Timur. Pasukan kami terlibat dalam baku tembak yang menewaskan empat orang - dua dari pihak kami dan dua dari pihak UPDF, "kata Koang kepada VOA dalam South Sudan in Focus.

Koang menyatakan pasukan Uganda juga menangkap seorang tentara Sudan Selatan.

Berbicara melalui telepon dengan Sudan Selatan in Focus dari distrik Lwengo Uganda pada hari Rabu (28/10), Wakil Juru Bicara Pertahanan Uganda Letnan Kolonel Deo Akiiki mengakui tentara UPDF membunuh dua orang, namun bersikeras menyebutkan insiden itu terjadi di wilayah Uganda dan kedua jasad tersebut tidak dapat diidentifikasi.

Deo Akiiki menambahkan pasukan kecil dikirim ke daerah itu dan menundukkan orang-orang bersenjata setelah baku tembak.

Akiiki membantah tentara Uganda tewas dalam pertempuran tersebut, tetapi membenarkan tentara Uganda telah menangkap satu orang dan menemukan dua senapan mesin.

Koang dari Sudan Selatan menyampaikan setelah serangan singkat tersebut, UPDF menarik diri ke Uganda dan SSPDF sepenuhnya mengendalikan wilayah Pogee. Koang menyatakan Uganda menyetujui pengembalian jasad dua warga Sudan Selatan yang tewas dalam insiden tersebut. [mg/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG