Tautan-tautan Akses

Tentara Suriah Rebut Sebagian Wilayah dari Pemberontak


Serangan udara Suriah menggempur posisi pemberontak di Daraa, Senin (25/6).
Serangan udara Suriah menggempur posisi pemberontak di Daraa, Senin (25/6).

Tentara Suriah telah merebut sebagian wilayah dari pemberontak di barat daya, menurut media Suriah dan pemantau HAM di Suriah, Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris pada hari Selasa (26/6), kemajuan besar pertama yang dicapai oleh pemerintah dalam serangan di dekat perbatasan dengan Yordania.

Sementara itu, kantor berita SANA dan kelompok pemantau HAM di Suriah melaporkan dua rudal Israel menghantam sasaran di dekat bandara Damaskus semalam. Seorang juru bicara militer Israel menolak mengomentari laporan tersebut.

SANA mengatakan, serangan rudal di dekat bandara internasional Damaskus itu adalah tanda dukungan Israel bagi para pemberontak di barat daya. SANA dan saluran media yang dikelola oleh Hizbullah, sekutu pemerintah Suriah, mengatakan tentara Suriah telah menguasai kota Busra al-Harir dan daerah Laja di dekatnya.

Direbutnya kawasan itu memotong jalur ke wilayah yang dikuasai oleh oposisi di provinsi Deraa, Suriah timur laut, di mana Presiden Bashar al-Assad telah melancarkan serangannya meskipun ada peringatan dari Amerika. Sejauh ini belum diperoleh pernyataan dari kelompok pemberontak tentang kemajuan pemerintah tersebut. [lt]

XS
SM
MD
LG