Tautan-tautan Akses

Tentara Italia Bantu Uji Medis Covid-19 di Roma


Seorang perempuan yang mengenakan masker, mengendarai sepeda di kota Roma, di tengah pandemi Covid-19 di Italia (25/10).

Seiring munculnya gelombang baru perebakan pandemi virus corona, militer Italia kini membantu layanan kesehatan di negara itu untuk melawan perebakan lebih luas.

Menteri Pertahanan Lorenzo Guerini hari Selasa (27/10) menandatangani perjanjian dengan Kementerian Kesehatan untuk menyediakan lokasi uji medis drive-through untuk meningkatkan kapasitas uji medis Covid-19 di negara itu.

“Operasi Igea” ini akan melibatkan tim pertahanan intra-angkatan yang berkekuatan sekitar 1.400 personil tentara, yang akan disebar di 200 lokasi drive-through yang dapat diakses mobil.

Tentara Italia telah meluncurkan operasi pos uji medis percobaan pada 24 Oktober lalu di sebuah lokasi di dekat markas militer di Cecchignola, di selatan Roma. Fasilitas itu dapat menampung 400 mobil dan akan dioperasikan setiap hari dari jam 9 pagi hingga 2 siang, termasuk pada hari libur.

Saat ini hanya personil militer dan anggota keluarga mereka yang diijinkan mengikuti uji medis di lokasi baru drive-through itu. Tetapi proyek yang bekerjasama dengan sistem layanan kesehatan nasional dan otorita kesehatan lokal ini akan dibuka bagi seluruh warga.

Kementerian Pertahanan mengatakan kapasitas penuh “Operasi Igea” akan diaktifkan di 200 lokasi drive-through di seluruh Italia.

Italia melaporkan lebih dari 17.000 kasus baru pada hari Senin (26/10) dan 141 kematian, menambah total jumlah orang yang terjangkit menjadi lebih dari 542.000 dan korban yang meninggal menjadi 37.479. [em/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG