Tautan-tautan Akses

Infeksi Covid-19 di Eropa, AS Bertambah


Peti mati seorang wanita yang meninggal karena Covid-19 dibawa menuju ke pemakamannya, di Seriate, Italia, 28 Maret 2020. (Foto: Reuters)
Peti mati seorang wanita yang meninggal karena Covid-19 dibawa menuju ke pemakamannya, di Seriate, Italia, 28 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Infeksi virus corona terus merangkak di banyak bagian AS dan Eropa, sementara korban tewas di seluruh dunia melampaui 1.1 juta.

Oklahoma, Illinois dan Michigan termasuk negara bagian yang mengumumkan rekor baru kasus terbanyak, Sabtu (24/10), sehari setelah AS mencatat rekor lebih dari 83 ribu infeksi dalam sehari, menurut Universitas Johns Hopkins.

Pihak berwenang Jerman melaporkan rekor kasus virus corona baru dalam sehari pada akhir pekan ini. Sementara para pemimpin Spanyol dan Italia memperdebatkan bagaimana mengendalikan gelombang baru virus di tengah tentangan publik terhadap jam malam.

Di Italia, para pejabat berunding dengan pihak berwenang regional pada Sabtu (24/10) untuk menentukan pembatasan baru seperti apa yang bisa diberlakukan sementara jumlah kasus di negara itu melampaui angka setengah juta.

Perdana Menteri Giuseppe Conte telah mengatakan dia tak mau memberlakukan lockdown ketat lagi seperti pada awal pandemi. Dalam beberapa hari belakangan, beberapa gubernur memerintahkan jam malam di wilayah mereka guna mencegah orang-orang berkerumun pada malam hari di luar bar dan tempat lain.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez berencana untuk bertemu dengan Kabinetnya pada Minggu pagi (25/10) di Madrid, untuk mempersiapkan keadaan darurat baru, strategi yang pernah digunakan dua kali pada awal pandemi.

Di Jerman, Kanselir Angela Merkel menganjurkan rakyat untuk mengurangi kontak sosial mereka sementara negara itu mencatat jumlah kasus harian tertinggi baru.

Kanselir itu mengatakan dalam podcast mingguannya "apabila kita ingin mematuhi (pembatasan sosial) kita harus bersama-sama mengatasi tantangan akibat virus ini."

Negara-negara Eropa lain telah memperketat pembatasan sosial untuk mengatasi lonjakan di negara mereka. Slovenia menutup hotel, pusat perbelanjaan dan toko non-esensial lain sementara pihak berwenang melaporkan rekor jumlah infeksi dan kematian baru di negara kecil berpenduduk dua juta itu. Yunani memberlakukan peraturan wajib mengenakan masker dan jam malam bagi Athena dan tempat lain yang dianggap berisiko tinggi. [vm/ah]

XS
SM
MD
LG