Tautan-tautan Akses

Tentara AS Tewas dalam Ledakan di Irak


ARSIP - Sebuah bom IED yang ditanam pejuang IS meledak di depan kendaran pasukan khusus Irak di Bartella, timur Mosul, Irak tanggal 20 Oktober 2016 (foto: REUTERS/Goran Tomasevic)

Pentagon mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan tewasnya seorang tentara AS hari Sabtu dalam ledakan di dekat Mosul, Irak utara.

Seorang tentara Amerika tewas hari Sabtu dalam ledakan di dekat Mosul, Irak utara, demikian disebut dalam pernyataan Pentagon.

Ditambahkan dalam pernyataan itu, tentara itu tewas akibat luka-luka yang diderita dalam "ledakan" di luar Mosul.

Komando Sentral Amerika, yang mengawasi aktivitas militer di wilayah tersebut, belum mengidentifikasi korban dan mengatakan akan merilis lebih banyak informasi bila waktunya tepat.

Pasukan yang didukung Amerika sejak Oktober lalu melancarkan upaya merebut kembali Mosul dari ISIS. Sebagian besar Irak utara dan barat, termasuk Mosul, jatuh ke kelompok militan itu pada musim panas 2014.

Sebelumnya pekan ini, komandan militer senior Irak mengatakan pasukan Irak mengusir ISIS dari wilayah terbesar di bagian barat Mosul setelah bertempur berminggu-minggu. Bagian timur Mosul dinyatakan "sepenuhnya dibebaskan" Januari lalu. [ka]

XS
SM
MD
LG