Tautan-tautan Akses

Para pejabat Afghanistan mengatakan sembilan tentara keamanan telah tewas di sebuah basis Taliban, sementara pejabat Amerika mengatakan seorang tentara Amerika tewas ketika melakukan operasi terhadap kelompok ISIS.

Para pejabat setempat mengatakan hari Minggu (9/4) tentara Afghanistan itu tewas Sabtu malam di daerah Chimtal, provinsi Balkh, Afghanistan utara. Beberapa lainnya luka-luka.

Korban tersebut jatuh tidak lama sebelum pertempuran musim semi ketika Taliban meningkatkan pertempuran terhadap pasukan Afghanistan dan koalisi.

Sebelumnya, juru bicara misi Resolute Support yang dipimpin NATO di Afghanistan mengatakan seorang tentara Amerika tewas Sabtu malam dalam operasi melawan ISIS Khorasan di provinsi Nangarhar. ISIS Khorasan adalah cabang ISIS di Afghanistan, Pakistan dan daerah-daerah lain Asia Selatan.

Nangarhar adalah basis kegiatan militan di Afghanistan. Pasukan Amerika telah melakukan sejumlah serangan udara di daerah itu. Kegiatan tersebut, bersama dengan usaha pasukan darat Afghanistan, telah mendorong militan ke luar dari sebagian wilayah yang mereka kuasai sebelumnya. Militan itu juga menentang Taliban, yang telah lama berjuang untuk merebut kembali kekuasaan di beberapa daerah Afghanistan.

Daerah tersebut pernah penghasil terbesar candu, tetapi pertanian candu hampir lenyap pertengahan tahun 2000-an, para petani daerah itu telah menghadapi kemiskinan dan hutang yang berat.

Ini adalah korban jiwa pertama militer Amerika dalam tahun 2017. Jumlah korban jiwa pasukan Amerika dalam pertempuran telah turun tajam sejak pasukan Amerika menghentikan operasi tempur tahun 2014. [gp]

XS
SM
MD
LG