Tautan-tautan Akses

Tempat Pembuangan Sampah di Mozambik Longsor, 17 Tewas


Petugas penyelamat mencari para korban yang tertimbun sampah longsor di Maputo, Mozambik, Senin (19/2).

Gunung sampah besar yang longsor di ibukota Mozambik, menghancurkan beberapa rumah dan menewaskan sedikitnya 17 orang.

Hujan lebat diperkirakan merupakan pemicu insiden di distrik miskin Maputo itu. Polisi mengatakan masih banyak mayat yang terkubur di tempat pembuangan sampah Hulene itu, dan operasi pencarian sedang dilakukan.

Media lokal mengatakan timbunan sampah itu mencapai ketinggian gedung bertingkat tiga.

Salah seorang warga di daerah itu, Mario Castigo, mengatakan kepada VOA, sekitar tujuh rumah hancur akibat longsoran sampah itu. “Saya mendengar orang berteriak. Saya sendirian, saya tidak bisa menolong. Air hujan mendorong sampah itu dan menutupi rumah-rumah di bawah bukit. Banyak keluarga, anak-anak mati,” ujar Castigo.

Warga di daerah itu mengatakan tempat pembuangan sampah itu sudah penuh dan sudah sejak lama memperdebatkan penutupannya.

Yolanda Manuel, anggota dewan untuk isu sosial dan kesehatan di Maputo, mengatakan kepada VOA, pejabat-pejabat setempat telah berupaya menutupnya. “Kami akan menutup pembuangan sampah ini. Kami sudah mulai melakukannya. itu. Situasi seperti ini menunjukkan kita seharusnya bekerja lebih cepat. Tetapi pekerjaan kami tidak pernah berhenti, kami sedang melakukannya.”

Tempat pembuangan sampah Hulene itu adalah salah satu yang terbesar di Maputo. Warga miskin banyak yang mencari barang-barang yang masih bisa dijual di tumpukan sampah tersebut. [em/ii]

XS
SM
MD
LG