Tautan-tautan Akses

Tanggapi Serangan Roket, Israel Serang Basis Hamas di Gaza


Seorang anak Palestina memeriksa puing-puing rumahnya pasca serangan udara Israel atas kota Gaza, Jalur Gaza bulan lalu (foto: dok).

Jet-jet Israel menggempur pangkalan-pangkalan Hamas di Gaza hari Jumat, sebagai tanggapan atas tembakan roket ke arah Israel Selatan yang merusak sebuah seminari Yahudi.

Angkatan Udara Israel mengemukakan dalam suatu pernyataan bahwa “jet-jet tempur dan pesawat udara menarget infrastruktur teror di kompleks militer dan sebuah kompleks militer Angkatan Laut Hamas sebagai bagian dari serangan terhadap sejumlah lokasi teror Hamas di Jalur Gaza.”

Kedua pihak tidak melaporkan tentang jatuhnya korban.

Pada waktu serangan roket berlangsung, para mahasiswa telah pulang meninggalkan seminari di kota Siderot itu untuk hari Sabat yang dimulai pada hari Jumat.

Sebelumnya Israel menyatakan menghantam beberapa target Hamas di Gaza, termasuk apa yang dikatakan sebagai terowongan teroris, sebagai tanggapan atas tembakan roket Hamas pada Rabu malam. Roket lainnya diluncurkan ke arah Israel Selatan pada Kamis malam.

Tembakan roket Hamas tampaknya merupakan tanggapan atas tindakan Israel yang menetapkan perairan Laut Tengahnya terlarang bagi nelayan Palestina. Ini merupakan reaksi atas balon-balon api yang diterbangkan di Israel Selatan pekan ini, yang membakar ladang-ladang.

Ini adalah baku tembak roket pertama antara Israel dan Hamas sejak gencatan senjata yang dimediasi Mesir bulan lalu yang mengakhiri pertempuran sengit selama dua hari. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG