Tautan-tautan Akses

Tanggapi Berita Bohong, Vatikan Rilis Surat Paus Benediktus


Foto yang menunjukkan surat lengkap Emeritus Paus Benediktus XVI tentan PausFransiskus yang dirilis Vatikan pada 17 Maret 2018.
Foto yang menunjukkan surat lengkap Emeritus Paus Benediktus XVI tentan PausFransiskus yang dirilis Vatikan pada 17 Maret 2018.

Dituduh menyebar “berita bohong,'' Vatikan, Sabtu (17/3), merilis surat lengkap dari Paus Benediktus XVI yang pensiun, tentang Paus Fransiskus setelah dikecam karena mengutipnya dalam siaran pers secara selektif dan memanipulasi satu foto secara digital.

Bagian surat itu yang sebelumnya disembunyikan menjelaskan lengkap mengapa Benediktus menolak menulis komentar tentang kompilasi buku yang diterbitkan Vatikan mengenai latar belakang teologis dan filosofis Fransiskus yang dirilis untuk merayakan ulang tahun kelimanya sebagai paus.

Selain mengatakan tidak punya waktu, Benediktus mencatat, salah seorang penulis yang terlibat proyek itu telah melancarkan serangan “anti-paus yang luas'' terhadap ajarannya dan ajaran St. John Paul II. Ia mengaku "terkejut" Vatikan memilih teolog itu untuk dimasukkan ke dalam jilid 11 “Theology of Pope Francis.”

Sekretariat Vatikan untuk Komunikasi pada Sabtu mengatakan merilis teks lengkap surat itu karena ada kontroversi terkait 'dugaan manipulasi' 'informasi ketika volume itu diluncurkan pada Senin (12/3), dalam acara meriah pada malam peringatan tahun kelima Fransiskus menjadi paus. [ka/al]

XS
SM
MD
LG