Tautan-tautan Akses

Tang’O, Menari Tango di Kedalaman Air


Penyelam bebas dan penari Spanyol Ariadna Hafez menari tango pada kedalaman 10 meter, dari dalam kolam Y-40 di Montegrotto Terme, Italia 13 April 2021. (Bastien Soleil / via REUTERS)

Renang indah atau renang sinkronisasi boleh jadi merupakan pertunjukan biasa. Jenis olahraga yang satu ini mempertunjukkan kemampuan perenang dalam bersenam dan menari, dan umumnya di atas permukaan air. Yang dilakukan Ariadna Hafez lebih dari itu. Ia menari di kedalaman air, tepatnya 10 meter di bawah permukaan, tanpa alat bantu pernafasan.

"Tang'O". Itu judul film pendek yang mempertunjukan keterampilan Hafez menari dan menyelam di kedalaman air. Dalam film berdurasi tiga menit itu, ia terlihat seolah menari tango di ruang terbuka di lantai dansa.

Poster "Tang’O" di akun Instagram seniman Perancis Bastien Solei, sutradara film ini. (Foto: IG/bastien_soleil)
Poster "Tang’O" di akun Instagram seniman Perancis Bastien Solei, sutradara film ini. (Foto: IG/bastien_soleil)

Melalui akun Vimeo-nya, seniman Perancis Bastien Soleil mengaku bangga dengan film yang baru disutradarai dan diproduksinya itu.

“Terkadang seni berarti melakukan sesuatu yang hanya karena kita tahu itu akan indah,” kata Soleil. "Selama tiga menit ini, saya ingin penonton terlepas dari rutinitas sehari-hari dan menjelajah ke dunia mimpi yang memesona."

Film ini dibuat oleh para penyelam terlatih, dan setiap adegan diambil sepuluh meter di bawah permukaan air tanpa alat bantu pernapasan.

Soleil mengatakan penari dan juru kamera menyelam bebas selama 120 kali untuk menyelesaikan film tersebut.

Hafez sendiri bukan penari sembarangan. Ia penari dan koreografer tari terkemuka, dan juga penyelam profesional. Penari Spanyol ini terkenal di Eropa karena akun Instagramnya yang kerap menampilkan foto tari, gaya hidup, dan perjalanan. Ia juga bekerja secara profesional sebagai model.

Sutradara tersebut bertemu dengan Ariadna Hafez di platform itu. Di akun Instagramnya, Hafez mendefinisikan dirinya sebagai model bawah air dan sering berbagi video tentang kecintaannya pada scuba diving dan menyelam bebas (atau tanpa alat bantu pernapasan).

Penyelam bebas dan penari Spanyol Ariadna Hafez, menari tango pada kedalaman 10 meter di dalam kolam Y-40 di Montegrotto Terme, Italia 13 April 2021. (Bastien Soleil / via REUTERS)
Penyelam bebas dan penari Spanyol Ariadna Hafez, menari tango pada kedalaman 10 meter di dalam kolam Y-40 di Montegrotto Terme, Italia 13 April 2021. (Bastien Soleil / via REUTERS)


“Ia memiliki kendali luar biasa atas tubuhnya. Menemukan seseorang yang dapat menyelam bebas dan menari pada saat yang bersamaan sangatlah langka,” kata Soleil menceritakan alasan kenapa ia memilih Hafez.

Hafez, 31, pernah tampil dalam acara realitas TVFame, "Let's dance!" pada 2009. Ia kerap menjadi penari di berbagai acara televisi Spanyol dan pernah tampil dalam film "Mi gran noche" yang diarahkan sutradara Spanyol Álex de la Iglesia. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG