Tautan-tautan Akses

Tampil Bareng Jung Kook, Penari Indonesia: Menikmati Walau Dilarang Bawa HP


Yoshie Patricia Angeleque, penari latar asal Indonesia yang ikut tampil dalam video musik Jung Kook, bertajuk "Dreamers" (dok: Yoshie)
Yoshie Patricia Angeleque, penari latar asal Indonesia yang ikut tampil dalam video musik Jung Kook, bertajuk "Dreamers" (dok: Yoshie)

Penari latar Indonesia, Yoshie Patricia Angeleque, ikut tampil dalam video musik lagu piala dunia, "Dreamers" yang dinyanyikan oleh Jung Kook BTS, yang menurutnya sangat profesional dan selalu menghormati. Sebagai penarinya, Yoshie harus mengikuti aturan larangan membawa handphone saat syuting.

Hingga kini video musik lagu “Dreamers” yang dibawakan oleh personil BTS, Jung Kook, dan penyanyi asal Qatar, Fahad Al Kubaisi, telah ditonton lebih dari 61 juta kali.

“Dreamers,” yang merupakan salah satu lagu resmi piala dunia 2022 ini juga telah berhasil mendominasi beragam tangga lagu di berbagai negara dan tengah menduduki posisi nomor 1 di tangga lagu Billboard World Digital Song Sales untuk penjualan lagu digital dalam dua minggu terakhir.

Personil BTS, Jung Kook, di acara pembukaan Piala Dunia 2022 di stadion Al Bayt, Qatar, November 2022 (dok: AP/Natacha Pisarenko)
Personil BTS, Jung Kook, di acara pembukaan Piala Dunia 2022 di stadion Al Bayt, Qatar, November 2022 (dok: AP/Natacha Pisarenko)

Hal ini tidak hanya menjadi prestasi dan coretan sejarah baru bagi Jung Kook, namun juga membanggakan bagi Indonesia, ketika mengetahui ada sosok penari latar asal Indonesia yang terpilih untuk tampil dalam klip video musik “Dreamers.” Dia adalah Yoshie Patricia Angeleque, yang sudah menetap di Qatar sejak Oktober 2021 lalu.

Terlibat Proyek Rahasia

Semua ini berawal ketika Yoshie terpilih untuk tampil dalam video musik lagu “Light the Sky,” yang juga menjadi salah satu lagu resmi piala dunia 2022 yang dibawakan oleh Nora Fatehi, Balqees, Rahma Riad, Manal & RedOne. Ia berhasil terpilih setelah sebelumnya melalui proses audisi untuk bergabung di sebuah agensi.

Setelah menanda-tangani kontrak, Yoshie dan sekitar 60 penari yang berasal dari berbagai negara mengikuti pelatihan intensif selama kurang lebih 14 hari. Proses syuting pun berlangsung selama 3 hari, yang diantaranya bisa memakan waktu sekitar 12 jam.

Yoshie pun tidak menyangka jika ada kesempatan untuk tampil lagi usai penggarapan video musik tersebut.

“Awalnya memang sudah ada desas desus nanti (untuk) opening akan ada artis yang sangat terkenal. Cuman kita belum tau artis siapa. Dan ternyata diminta kembali oleh agensi untuk nari di video klip ‘Dreamers,’ yang dimana lagu itu akan dibawakan oleh Jung Kook. Yang untuk lagunya sendiri, kita baru dengar ketika kita (latihan) di hari pertama,” ujar Yoshie saat dihubungi oleh VOA.

Yoshie adalah satu diantara sekitar 20 penari yang terpilih untuk tampil dalam video musik berdurasi lebih dari 4 menit itu. Yoshie adalah satu-satunya penari asal Indonesia. Ia mengikuti pelatihan intensif selama 4 hari, diikuti dengan proses syuting selama 3 hari. Salah satu tempat yang menjadi lokasi syuting adalah Souq Waqif, sebuah pasar tradisional di Doha, Qatar.

Yoshie Patricia Angeleque bersama para penari latar video musik "Dreamers" (dok: Yoshie)
Yoshie Patricia Angeleque bersama para penari latar video musik "Dreamers" (dok: Yoshie)

“Latihan 4 hari, kita hanya dancer sendiri. Lalu ketika kita syuting, tiga hari, ketika hari pertama itu kita syutingnya di Souq Waqif, dimana pas di sana Jung Kook-nya datang langsung ke set (red.lokasi syuting). Jadi kita baru ketemu Jung Kooknya pas di set,” cerita Yoshie kepada VOA.

Sebagai penari latar untuk video musik “Dreamers,” Yoshie tidak hanya dituntut secara profesional untuk “menarikan tarian yang bagus,” tetapi juga harus menanda-tangani kontrak khusus dan tidak boleh membocorkan proyek ini hingga video musiknya dirilis secara resmi.

“Kita itu enggak boleh bawa (handphone) ke (lokasi syuting). Jadi pupus sudah harapan kita untuk selfie-selfie dan kita buat foto-foto ada Jung Kook-nya, ya itu enggak bisa,” jelas ibu dari tiga anak ini.

“Kalau video klip-nya udah keluar, udah launching, secara official, baru kita boleh-lah posting fotonya, posting behind the scene-nya baru boleh. Tapi (sebelumnya), kita sudah (terikat) kontrak, kita enggak boleh cerita kemana-mana,” tambahnya.

Donna Rifai, BTS ARMY asal Indonesia di Washington, D.C. (dok: Donna Rifai)
Donna Rifai, BTS ARMY asal Indonesia di Washington, D.C. (dok: Donna Rifai)

“Videonya keren!" ujar Donna Rifai, ARMY (red.panggilan penggemar BTS) asal Indonesia di Washington, D.C.

"Ada penari Indonesia itu OK banget! Ikut bangga dia terpilih," tambahnya.

Zerika Annisa yang tinggal di Indonesia dan menjadi ARMY sejak tahun 2020 mengatakan ia juga suka sekali dengan video musiknya.

"Walaupun video klip-nya bola banget, tapi tetap ada details yang mengingatkan BTS," ujarnya kepada VOA.

Tantangan Bekerja dengan Jung Kook

Namun, Yoshie mengaku cukup menjadi tantangan bagi para penari latar yang bekerja sama dengan Jung Kook, khususnya karena banyak yang “nge-fans” dengan BTS.

“Ada momen lucu sih paling ya,” ujarnya Yoshie sambil tertawa.

“Ketika hari pertama kita syuting si Jung Kook masuk. Ketika Jung Kook-nya masuk, (semua orang) kayak, ‘oh iya, iya, iya, kita harus be professional, be professional.’ Walaupun kita (kagum), tapi kita harus be professional,” kata lulusan Institut Bisnis dan Informatika Indonesia di Jakarta ini.

Kesan Bersama Jung Kook

Jung Kook yang berusia 25 tahun digambarkan oleh Yoshie sebagai sosok yang “sangat profesional.”

“Dia mengikuti apa yang diminta sutradara-nya. Sesusah apa pun, seribet apa pun, dia tetap (mengikuti),” tambah perempuan yang pernah bekerja di Willy Soemantri Music School dan Jaya Suprana Performing of Art di Indonesia ini.

Personil BTS, Jung Kook, saat tampil di acara pembukaan Piala Dunia 2022 di stadion Al Bayt, Qatar, November 2022 (dok: )AP/Manu Fernandez)
Personil BTS, Jung Kook, saat tampil di acara pembukaan Piala Dunia 2022 di stadion Al Bayt, Qatar, November 2022 (dok: )AP/Manu Fernandez)

Tidak hanya itu, Yoshie mengatakan walau Jung Kook memiliki aura seorang artis dari cara dia berjalan dan gerak-geriknya, namun, dia tetap menyapa orang-orang yang ia temui.

“Ketika masuk dia langsung melihat kita masing-masing, terus dia (bilang hai). (Lalu) dia itu bow (red.membungkuk) ke kita, seperti layaknya orang Korea kalau menghormati orang lain ya. Dan enggak cuman ke penari saja, dia ke setiap kru, dia selalu bow,” kata perempuan yang pernah menjadi penari latar untuk video musik kelompok Nidji di Indonesia ini.

Namun, dibalik kesuksesan video musik “Dreamers” ini tentu saja ada tantangan tersendiri dalam proses penggarapannya. Menurut Yoshie, setiap lokasi syuting memiliki “tantangannya sendiri-sendiri.” Seperti tempat yang terbatas saat melakukan syuting di pasar tradisional Souq Waqif.

“Tempatnya terbatas, orangnya banyak. Jadi kita nanti ada yang di dalam, ada yang di luar. Begitu juga ketika kita menari, awalnya itu, blocking-nya mestinya menyamping panjang, tapi jadi lurus ke belakang,” jelas Yoshie.

“Tapi so far, kita tuh (sebagai penari) di sana, semua sangat enjoy. Dan kita sangat profesional untuk melakukan itu,” tambahnya.

Yoshie Patricia Angeleque, penari latar asal Indonesia di Qatar yang tampil dalam video musik Jung Kook, bertajuk "Dreamers" (dok: Yoshie)
Yoshie Patricia Angeleque, penari latar asal Indonesia di Qatar yang tampil dalam video musik Jung Kook, bertajuk "Dreamers" (dok: Yoshie)

Bagi Yoshie, pengalaman bisa bekerja sama dengan artis yang sangat terkenal, seperti Jung Kook pun meninggalkan kesan tersendiri

“Kita sangat menikmati peran kita sebagai back dancer-nya dia. Itu semua tuh, segala capek kita selama berhari-hari, latihan tengah malam, itu kebayar semuanya,” ujar perempuan.

Setelah melihat video musik “Dreamers,” Yoshie pun mengatakan, “luar biasa pastinya, keren banget.” Salah satu unggahannya di Instagram mengenai keterlibatannya dalam video musik “Dreamers” mengundang banyak pujian. Apalagi mengingat bahwa tak pernah ia berpikir untuk kembali terjun ke dunia tari setelah berkeluarga.

Zerika Annisa, ARMY asal Indonesia (dok: Zerika Annisa)
Zerika Annisa, ARMY asal Indonesia (dok: Zerika Annisa)

Sambil bercanda, Zerika Annisa yang juga adalah seorang kawan Yoshie mengatakan, walau sebagai ARMY ia merasa "iri," karena Yoshie bisa bekerja sama dengan Jung Kook, yang adalah idolanya. Namun, ia sungguh luar biasa bangga.

"Bukan hanya karena dia satu-satunya orang Indonesia yang ada di video musik "Dreamers," namun juga karena saya tahu dia adalah seorang hard-working mom yang juga mengurus keluarganya dengan baik, tapi masih bisa jadi seorang dancer yang profesional, bahkan sampai mengharumkan nama Indonesia," ujarnya.

Bertekad Kembali Menari

Setelah pindah ke Qatar dan anak-anaknya sudah mulai bersekolah, Yoshie kemudian bertekad untuk mengisi waktu luangnya untuk belajar menari lagi. Ia pun bergabung dengan berbagai komunitas tari di Qatar dan kerap tampil di berbagai acara.

“Saya kemudian di kontak dengan agensi di sini, saya diminta CV-nya, lalu diminta datang untuk audisi, dan sampai sekarang seperti inilah,” kenangnya.

Sempat dibilang terlambat saat baru mulai belajar menari balet diumurnya yang ke-18 tahun dan sempat ikut menari di gereja kecil, Yoshie mengatakan bahwa “proses belajar itu enggak (mengenal) umur.”

Bagi Yoshie, lirik dalam lagu “Dreamers” “sangat mengena sekali.” Seperti lirik dalam lagu “Dreamers,” yang mengatakan:

Look who we are, we are the dreamers

We make it happen, ’cause we believe it

Lihat siapa kami, kami adalah para pemimpi

Kami akan membuat mimpi ini menjadi kenyataan, karena kami percaya akan mimpi ini

Ia menambahkan, jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, artinya hal itu sangat berarti bagi kehidupan Anda.

“Tetap lakukan apa yang dicita-citakan dan suatu hari itu akan terwujud,” pungkasnya. [di/ii]

Forum

XS
SM
MD
LG