Tautan-tautan Akses

Tak Sertakan Dana Pembangunan Tembok Perbatasan, Trump Kecam Rancangan Anggaran Belanja


Presiden AS Donald Trump berbicara kepada media di halaman Gedung Putih, Washington DC (19/9).
Presiden AS Donald Trump berbicara kepada media di halaman Gedung Putih, Washington DC (19/9).

Presiden AS Donald Trump, Kamis (20/9), menuduh para legislator Partai Demokrat menghalangi dana bagi pembangunan tembok perbatasan dalam rancangan anggaran belanja, dan menyiratkan bahwa para sejawatnya dari Partai Republik perlu disalahkan karena membiarkannya terjadi.

Dalam cuitan terbarunya di Twitter, Trump menanyakan: “Saya ingin tahu, mana dana bagi keamanan perbatasan dan tembok dalam rancangan anggaran belanja ini, dan dari mana dana itu akan datang setelah pemilu paruh waktu?”. Ia kemudian menyatakan, “Partai Demokrat menghalangi penegakkan hukum dan keamanan perbatasan. Partai Republik perlu mengambil sikap keras.”

Senat, Selasa, menyetujui rancangan anggaran belanja senilai 854 miliar dolar, yang akan menghindari penutupan sebagian operasi pemerintah pada 30 September, dan membuat militer dan sejumlah badan sipil beroperasi hingga awal Desember.

Namun rancangan itu, yang diperkirakan akan disetujui DPR pekan depan, tidak mencakup pendanaan tembok perbatasan AS-Meksiko yang sudah lama dijanjikan Trump, dan mengabaikan ancaman Trump yang akan membiarkan penutupan sebagian operasi pemerintah mulai 1 Oktober jika dana itu tidak disertakan. Para pemimpin Partai Republik di Kongres mengatakan, isu tembok perbatasan akan dibicarakan setelah pemilu 6 November. (ab)

XS
SM
MD
LG