Tautan-tautan Akses

Tak Ada Bukti Kolusi Trump-Rusia, Kremlin: Saatnya Perbaiki Hubungan


Presiden AS Donald Trump (kiri) saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Helsinki, Finlandia, 16 Juli 2018 (foto: dok).
Presiden AS Donald Trump (kiri) saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Helsinki, Finlandia, 16 Juli 2018 (foto: dok).

Menyusul dirilisnya kesimpulan laporan penyidik khusus Robert Mueller tentang campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika tahun 2016, juru bicara pemerintah Rusia mengatakan, kesempatan ini bisa digunakan untuk memperbaiki hubungan antara Amerika dan Rusia.

Jaksa Agung Amerika William Barr hari Minggu (24/3) merilis surat yang menyimpulkan laporan penyidik khusus Robert Mueller, yang mengatakan tidak ditemukan bukti bahwa presiden Trump atau tim kampanyenya berkomplot atau berkolusi dengan Rusia.

Surat singkat Jaksa Agung Barr itu menyebut adanya usaha luas Rusia untuk mempengaruhi pemilu Amerika lewat kampanye dis-informasi.

Walaupun demikian, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan hari Senin (25/3) bahwa pemerintah Rusia siap untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov
Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov

Peskov mengatakan, Presiden Putin menjelaskan kepada Trump tahun lalu di Helsinki bahwa ia siap untuk menghangatkan hubungan antara kedua negara, tapi semua itu tergantung pada Amerika.

“Presiden Putin telah mengatakan berulang kali bahwa kami berminat mengadakan hubungan baik dengan Amerika. Jadi, dalam hal ini, inisiatif harus datang dari Amerika, karena bolanya telah diserahkan kepada Trump di Helsinki,” kata Peskov.

Ketika bertemu di Helsinki bulan Juli tahun lalu, Presiden Trump menerima bantahan Putin bahwa Rusia tidak berusaha campur tangan dalam pemilu di Amerika, walaupun dinas-dinas intelijen Amerika menyatakan sebaliknya.

Peskov mengatakan ia belum membaca laporan Mueller itu, dan tidak akan memberikan komentar tentang rincian apapun. Ia berkeras bahwa Rusia tidak campur tangan dalam pemilu di Amerika, dan juga tidak campur tangan dalam urusan dalam negeri manapun. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG