Tautan-tautan Akses

Tak Ada Bukti Keterlibatan Taliban dalam Percobaan Teror di New York


Polisi New York sedang memeriksa rekaman video untuk mengumpulkan bukti siapa pemilik mobil berisi bom di Times Square.

Walaupun muncul klaim yang dikeluarkan oleh sebuah kelompok di Pakistan, polisi kota New York mengatakan tidak ada bukti keterlibatan Taliban dalam usaha serangan bom mobil di kota New York pada Sabtu malam.

Komisaris polisi New York mengatakan pada hari Minggu, penyelidikan atas mobil van yang mencurigakan serta bahan-bahan yang ditemukan didalamnya sedang berlangsung, dan polisi kini memiliki seseorang yang dicurigai sebagai tersangka. Polisi sedang memeriksa pita-pita rekaman video untuk mengumpulkan bukti-bukti tentang orang yang mungkin berusaha meledakkan bom mobil di pusat kota itu.

Pada Sabtu malam, polisi mengosongkan kawasan Times Square yang biasanya sesak pengunjung, setelah seorang penjaja kaos di pinggir jalan memberi tahu polisi tentang adanya sebuah mobil yang mencurigakan di parkir disana.

Walikota New York Michael Bloomberg mengatakan mobil bermerek Nissan Pathfinder tersebut berisi tiga tabung gas LPG, petasan, dua jerigen yang berisi bensin, dua buah jam dan beberapa baterei. Menurut juru bicara Kepolisian New York, bom tersebut tampaknya sudah mulai disulut, tapi tidak meledak.

Pakar-pakar penjinak bom kemudian membawa pergi mobil itu dan kawasan Times Square dibuka lagi pada hari Minggu pagi.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano mengatakan penyelidikan diarahkan untuk mengetahui apakah tindakan itu suatu aksi teroris.

XS
SM
MD
LG