Tautan-tautan Akses

Sutradara Terkemuka Rusia Dijatuhi Hukuman Tahanan Rumah


Sutradara Rusia terkemuka, Kirill Serebrennikov (foto: dok).

Sebuah pengadilan Moskow, menjatuhkan hukuman tahanan rumah kepada sutradara Rusia terkemuka Kirill Serebrennikov atas dakwaan penipuan – sebuah kasus yang dipandang banyak pihak sebagai upaya pihak berwenang untuk membungkam pembangkang.

Serebrennikov, 47 tahun, ditangkap, Selasa, di lokasi pembuatan film barunya di St. Petersburg dan ditempatkan di sebuah penjara di Moskow Selasa malam.

Serebrennikov dituduh menyalahgunakan uang pemerintah sebesar 1,1 juta dolar yang diterimanya untuk mendanai film produksinya antara tahun 2011 and 2014. Ia membantah semua tuduhan itu di pengadilan, Rabu.

Seorang hakim di Pengadilan Basmanny di Moskow menolak permohonan Serebrennikov untuk dibebaskan dengan jaminan, meskipun setelah pengacaranya menyediakan dana sebesar jumlah yang dituduhkan telah disalahgunakan Serebrennikov. Serebrennikov akan menjalani tahanan rumah hingga Oktober.

Serebrennikov dikenal di Rusia karena karya-karya teaternya yang mengolok-olok pemerintah. Penahanannya banyak dipandang sebagai bagaian usaha Moskow untuk membungkam kritik.

Banyak anggota masyarakat seni Rusia berbicara atas nama Serebrennikov menyusul penahanannya. Irina Prokhorova, saudara perempuan milyader Mikhail Prokhorov, yang memiliki klub bola basket NBA 'Brooklyn Nets' menyebut Serebrennikov sebagai "kebanggaan Rusia”. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG