Tautan-tautan Akses

AS

AS Hentikan Sementara Pemberian Visa Non-Imigran dari Rusia


Kedutaan Besar AS di Moskow, Rusia (foto: ilustrasi).

Amerika Serikat akan menghentikan pemberian semua visa non-imigran dari Rusia mulai hari Rabu hingga 1 September, menurut kedutaan Amerika di Moskow.

Kedutaan mengatakan tindakan itu diambil karena pembatasan yang diberlakukan pemerintah Rusia atas jumlah staf kedutaan Amerika.

“Semua operasi visa non-imigran di seluruh Rusia akan dihentikan tanggal 23 Augustus. Operasi akan dilanjutkan kembali di Moskow tanggal 1 September; operasi visa di konsulat-konsulat akan tetap dihentikan selama waktu yang tidak tentu,” demikian menurut pernyataan kedutaan hari Senin.

Pernyataan itu seterusnya mengatakan semua pertemuan yang telah dijadwalkan akan dibatalkan.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menanggapinya dengan mengatakan bahwa tindakan terbaru ini dalam perselisihan diplomatik antara Amerika Serikat dan Rusia adalah "satu lagi usaha untuk menimbulkan ketidaksenangan di kalangan warga Rusia mengenai tindakan pihak berwenang Rusia.”

Bulan lalu, sebagai balasan atas sanksi baru Amerika, Rusia mengatakan pihaknya akan mengambil tindakan, antara lain, menuntut pengurangan jumlah diplomat Amerika yang bekerja di Rusia dari 755 menjadi 455 orang sebelum akhir Augustus. [gp]

XS
SM
MD
LG