Tautan-tautan Akses

Sutradara AS Gunakan iPhone untuk Buat Film


Sutradara “9 Rides,” Matthew Cherry. (VOA/G. Flakus).
Sutradara “9 Rides,” Matthew Cherry. (VOA/G. Flakus).

Pendanaan terbatas telah membuat seorang sutradara AS untuk memanfaatkan kamera iPhone 6S untuk membuat film yang menampilkan sejumlah tokoh tapi semuanya terjadi di dalam mobil.

Salah satu film yang diputar dalam festival film South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas minggu lalu adalah “9 Rides,” kisah seorang pengemudi limosin yang mengalami depresi di Los Angeles serta beberapa penumpangnya pada satu malam yang gelap.

“Kami syuting pukul empat atau lima pagi dan tidak ada orang di luar. Sangat menarik,” kata sutradara Mathew Cherry. “Menambah perasaan sepi dan keindahan film secara menyeluruh."

Cherry yang telah membuat beberapa film pendek sebelum “9 Rides” mengatakan ia terilhami untuk membuat film narasi panjang setelah menonton film “Locke,” dimana aktor Tom Hardy menggambarkan seorang tokoh yang sedang mengalami krisis pribadi dengan menyetir mobil pada malam hari dan berbicara lewat telepon dengan sejumlah orang.

Cherry sangat terkesan dengan ide sebuah film yang menyangkut seorang laki-laki dalam sebuah kendaraan selama satu setengah jam bisa dibuat dramatis dan mencekam.

Dengan pendanaan terbatas, Cherry memutuskan untuk memanfaatkan kamera iPhone 6S Apple untuk membuat film yang menampilkan sejumlah tokoh tapi semuanya terjadi di dalam mobil. Ia menggunakan iPhone di luar dan di dalam kendaraan itu.

“Kami benar-benar mengemudi di jalan bebas hambatan 405 di Texas dengan kecepatan hampir 100 km/jam dengan iPhone yang ditempel dengan suction cup di kap mobil dan tidak pernah jatuh," ujarnya.

Ini bukan pertama kalinya sebuah film diambil dengan iPhone. Tahun lalu para kritikus film memuji film “Tangerine” yang menampilkan tokoh waria dan beragam tokoh lainnya di Los Angeles, dan syutingnya menggunakan iPhone 5S yang menghasilkan gambar berdefinisi tinggi. [my/ii]

XS
SM
MD
LG