Tautan-tautan Akses

Surplus Perdagangan China dengan AS bulan Juni Naik Lagi


Seorang pria mendorong gerobak barangnya melewati dekorasi yang melambangkan semangat untuk menggapai "Kesuksesan dan Ledakan Bisnis Tahun 2018" di luar pusat pakaian eceran dan grosir di Beijing, China, 9 Juli 2018. (Foto: dok).

Surplus perdagangan China dengan Amerika Serikat pada bulan Juni naik lebih dari empat miliar dolar dibandingkan dengan bulan sebelumnya, demikian menurut data bea dan cukai China yang diterbitkan Jumat.

Surplus perdagangan China dengan Amerika mencapai 28,97 miliar dolar pada bulan Juni 2018, naik dari 24,58 miliar dolar pada bulan Mei.

Pada semester pertama tahun ini, surplus perdagangan China dengan Amerika mencapai 133,8 miliar dolar.

Pertumbuhan ekspor China pada Juni tercatat pada angka 11,3 persen, turun dari 12,6 persen pada bulan Mei, sedangkan impor tumbuh 14,1 persen menjadi 175,1 miliar dolar, turun dari pertumbuhan 26 persen pada bulan sebelumnya.

Pada 6 Juli lalu, Departemen Perdagangan Amerika menambahkan 25 persen tarif terhadap produk-produk China yang nilainya 34 miliar dolar, karena ada keluhan Beijing mencuri atau menekan perusahaan-perusahaan agar menyerahkan teknologi mereka.

China menanggapi dengan menetapkan bea lebih tinggi terhadap barang-barang Amerika bernilai sama.

Amerika juga mengumumkan kemungkinan penetapan tarif lainnya pekan ini yang menarget ribuan produk China yang bernilai 200 miliar dolar. [uh]

XS
SM
MD
LG