Tautan-tautan Akses

Sumber Listeria yang Mematikan di Afrika Selatan Ditemukan


Menteri Kesehatan Aaron Motsoaledi (Foto: dok).

Para pejabat kesehatan di Afrika Selatan mengatakan bahwa mereka telah menunjuk sumber wabah listeria yang telah berlangsung sepanjang tahun yang telah menewaskan 180 orang.

Menteri Kesehatan Aaron Motsoaledi mengatakan kepada para wartawan, Minggu (4/3) bahwa wabah tersebut telah dilacak berasal dari pabrik pengolahan makanan di Polokwane, yang terletak di timur laut ibukota, Pretoria. Motsoaledi mendesak konsumen agar menghindari makan daging olahan siap saji, dan memerintahkan penarikan kembali produk daging dingin yang terkait dengan wabah tersebut, termasuk produk yang disebut poloni, versi lokal sosis bologna.

Baca juga: Wabah Listeria Renggut Tiga Nyawa Warga Australia

Mozambik dan Namibia mengumumkan bahwa mereka segera menangguhkan impor produk tersebut, sementara Botswana dan Zambia mengumumkan penarikan segera dari tempat-tempat penjualan.

Kepala eksekutif Tiger Brands, salah satu pemasok makanan terbesar di Afrika Selatan dan pemilik pabrik yang diidentifikasi sebagai sumber wabah, mengatakan bahwa tidak ada hubungan langsung antara produk dari pabriknya dengan kematian akibat listeria. [lt]

XS
SM
MD
LG