Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran Hutan AS Terus Berkecamuk


Asap dan bara api di sebuah permukiman di Talent, Oregon, Jumat, 11 September 2020. (Foto: AP Photo/Paula Bronstein)

Kebakaran hutan terus melanda di wilayah yang luas di Pantai Barat AS pada Minggu (13/9). Kepulan asap tebal menyelimuti wilayah itu dan membahayakan kesehatan jutaan warganya.

Kualitas udara di seluruh negara bagian Oregon dinyatakan "berbahaya" atau "sangat tidak sehat" oleh para pejabat lingkungan negara bagian itu. Peringatan asap tebal dikeluarkan di Oregon dan di negara bagian Washington oleh Dinas Cuaca Nasional.

Secara keseluruhan, di seluruh AS bagian barat, terdapat 24 kebakaran di California, 15 di Washington, 14 di Oregon, 12 di Idaho dan lainnya di Alaska, Arizona, Colorado, Nevada, New Mexico, Utah dan Wyoming.

Kebakaran itu telah menewaskan sedikitnya 10 orang di Oregon. Para petugas darurat memperkirakan jumlah korban tewas akan bertambah. Sebagian orang di Portland, kota terbesar di negara bagian itu, dan di tempat lain kesulitan bernapas karena asap memenuhi udara. Kebakaran telah menghanguskan lebih dari 400 ribu hektare lahan di negara bagian itu.

Di California, dimana kebakaran dimulai lebih dulu, sedikitnya 22 telah meninggal dunia dan sekitar 1,3 juta hektar hangus. Di negara bagian Washington, sekitar 269 ribu hektare lahan telah terbakar.

Presiden Donald Trump pada umumnya menghindar berkomentar tentang kebakaran hutan itu, tapi berencana mengunjungi California pada Senin (14/9) untuk meninjau dampak kebakaran, yang termasuk salah satu terparah dalam bertahun-tahun. [vm/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG