Tautan-tautan Akses

Sudan Akan Terima $400 Juta dari Saudi, UAE untuk Pertanian


Seorang petani mengumpulkan terong bersama pekerjanya di sebuah ladang di Pulau Tuti, Khartoum, Sudan, 14 Februari 2020. (Foto: Reuters)
Seorang petani mengumpulkan terong bersama pekerjanya di sebuah ladang di Pulau Tuti, Khartoum, Sudan, 14 Februari 2020. (Foto: Reuters)

Sudan akan menerima $400 juta dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab untuk mendanai produksi pertanian untuk musim panas dan musim dingin tahun ini, kata kantor berita pemerintah SUNA pada Minggu (11/4).

Arab Saudi telah berkomitmen untuk berkontribusi sebesar $3 miliar dalam dana investasi gabungan di Sudan. Saudi juga mendorong pihak-pihak lain untuk berpartisipasi, kata Menteri Urusan Kabinet Sudan, Khalid Omer Yousif, kepada Reuters pada Maret.

Sebelumnya pada Maret, Sudan juga mengatakan bahwa Arab Saudi kembali berkomitmen untuk memberi dana hibah $1,5 miliar yang diumumkan pertama kali pada April 2019.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab sebelumnya telah menjanjikan bantuan sebesar $3 miliar untuk Sudan. Dan para pejabat Sudan sebelumnya mengisyaratkan bahwa $750 juta di antaranya telah diterima, termasuk deposito $500 juta di bank sentral.

Perdana Menteri Abdalla Hamdok "menegaskan kembali keinginan Sudan untuk mengaktivasikan apa yang disepakati dengan Kerajaan Arab Saudi," kata Kabinet dalam pernyataan, usai pertemuan dengan duta besar Saudi di Khartoum pada Minggu (11/4). [vm/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG