Tautan-tautan Akses

AS

Staf Gedung Putih Diminta Memakai Masker


Anggota staf Gedung Putih dan dinas keamana federal Secret Service di lorong West Wing sebelum konferensi pers Presiden Donald Trump mengenai pandemi virus corona, di Gedung Putih, Washington, 11 Mei 2020. (Foto: Reuters)

Sistem di Gedung Putih tidak lumpuh dan "kita sudah mengendalikannya dengan sangat baik," kata Presiden AS Donald Trump kepada wartawan pada Senin (11/5) ketika ditanya tentang dua orang dekatnya atau Wakil Presiden Mike Pence yang dites positif menderita virus corona.

"Saya tidak merasakan kerentanan apa pun," kata Trump setelah petugas parkir militernya dan juru bicara wakil presiden terkena Covid-19.

Beberapa anggota gugus tugas, Direktur Lembaga Alergi dan Penyakit Menular Nasional Dr. Anthony Fauci, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dr. Robert Redfield dan Komisaris Badan Makanan dan Obat-Obatan Dr. Stephen Hahn telah mengisolasi diri setelah melakukan kontak (terpapar) dengan seorang pejabat yang telah dites positif Covid-19.

Ada bukti peningkatan keseriusan terkait virus di Gedung Putih pada Senin (11/5).

Selama konferensi video dengan para gubernur, Wakil Presiden Mike Pence dan anggota gugus tugas virus corona, Dr. Deborah Birx, duduk di ruang yang terpisah. Pence dalam konferensi itu menyinggung beberapa staf Gedung Putih yang dites positif Covid-19.

Beberapa anggota staff Gedung Putih, yang sebelumnya tidak pernah terlihat mengenakan masker, Senin (11/5), tampak mengenakannya.

Seorang pejabat senior pemerintah mengkonfirmasi kepada VOA, sebuah panduan yang dikeluarkan pada Senin (11/5) untuk anggota staf kantor West Wing menyerukan agar semua orang setiap saat mengenakan masker ketika berada di gedung itu kecuali ketika duduk di meja mereka.

Ketika Trump, Senin (11/5), ditanya oleh seorang wartawan, mengapa ia tidak perlu mengenakan masker, Trump menjawab: "Saya tidak dekat dengan siapa pun."

Sejumlah anggota staf West Wing kini juga menjalani tes virus corona setiap hari. [my/pp]

XS
SM
MD
LG