Tautan-tautan Akses

Sri Lanka Tidak Nyanyikan Lagu Kebangsaan dalam Bahasa Tamil


Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa menyanyikan lagu kebangsaan dalam upacara peringatan HUT ke-72 Sri Lanka di Colombo, 4 Februari 2020.

Pemerintah baru Sri Lanka menolak menyanyikan lagu kebangsaan dalam bahasa Tamil dalam perayaan Hari Kemerdekaan Sri Lanka, Selasa (4/2). Bahasa Tamil adalah bahasa nasional kedua negara tersebut. Sikap ini berbeda dengan pemerintah terdahulu yang menyanyikan lagu kebangsaan dalam dua bahasa utama di negara itu, untuk memajukan kerukunan etnis setelah perang saudara yang berlangsung puluhan tahun.

Presiden Gotabaya Rajapaksa dipilih tahun lalu dengan sebagian besar dukungan suara dari warga etnis Sinhala yang mayoritasnya penganut Buddha. Minoritas Tamil dengan suara berlimpah menentangnya. Rajapaksa adalah pejabat pertahanan senior dalam perang saudara dan memainkan peran penting dalam mengalahkan pemberontak Macan Tamil. Banyak warga sipil dari suku Tamil yang tewas atau hilang dalam perang.

Peringatan 72 tahun kemerdekaan Sri Lanka dari Inggris dirayakan di Kolombo dengan parade militer dan pameran kedirgantaraan.

Rajapaksa mengatakan dalam pidatonya bahwa ia adalah presiden untuk seluruh kelompok masyarakat, sembari menekankan apa yang ia kemukakan dalam pidato pemilihannya.

“Saya memiliki visi bahwa saya harus melayani sebagai pemimpin negara yang menjaga semua warganegara, bukannya seorang pemimpin politik yang hanya memikirkan kelompok masyarakat tertentu,” ujarnya. “Sebagai presiden sekarang ini, saya mewakili seluruh bangsa Sri Lanka tanpa memedulikan etnis, agama, afiliasi partai atau perbedaan lainnya,” lanjut Rajapaksa.

Para pendukung Rajapaksa menolak menyanyikan lagu kebangsaan dalam bahasa Tamil pada masa pemerintahan sebelumnya.

Para politisi Tamil telah meminta Rajapaksa untuk melanjutkan praktik menyanyikan lagu kebangsaan dalam bahasa Tamil yang diakui oleh konstitusi, untuk memberi komunitas Tramil perasaan memiliki negara itu setelah puluhan tahun berupaya memisahkan diri. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG