Tautan-tautan Akses

Spanyol Tangkap 2 Orang Terkait Kelompok Supremasi Kulit Putih 


Anggota kelompok supremasi kulit putih melakukan aksi unjuk rasa di West Allis, Wisconsin, AS (foto: ilustrasi).

Dua laki-laki ditangkap karena mendanai persenjataan “perang ras” di masa depan lewat perdagangan narkoba. Kepolisian Spanyol hari Minggu (13/12) mengatakan penangkapan ini dilakukan setelah penyelidikan selama satu tahun penuh.

Polisi di Catalonia dan Garda Sipil Spanyol mengatakan kedua laki-laki itu bermaksud membentuk “kelompok-kelompok supremasi kulit putih yang terisolasi” dan terlibat dalam mendanai kelompok-kelompok ini lewat perdagangan narkoba.

Operasi bersama ini merupakan bagian dari penyelidikan yang lebih luas, yang dimulai sejak satu tahun lalu dengan penangkapan dua laki-laki lain di kawasan Catalonia dan Valencia.

Penangkapan terbaru yang diperintahkan oleh pihak berwenang Catalan ini dilakukan di daerah Malaga dan Navarra.

Menurut pihak berwenang, kelompok ini sedang meningkatkan kapasitas bersenjata mereka untuk mempersiapkan apa yang mereka sebut sebagai “perang ras.”

Polisi mengatakan kedua laki-laki itu diduga telah mempromosikan kebencian terhadap warga asing, kepemilikan bahan peledak, melakukan terorisme atas dasar perbedaan ras dan karena menjadi ancaman bagi publik.

Menurut laporan polisi, kedua laki-laki itu juga memasang pesan di platform media sosial yang memuji tindakan seorang laki-laki Australia yang menembak mati 51 warga Muslim di kota Christchurch, Selandia Baru, pada Maret 2019 lalu. [em/lt]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG