Tautan-tautan Akses

Spanyol Sahkan Langkah Penghematan


Seperti halnya di Yunani, paket penghematan meliputi pemotongan gaji pegawai negeri.

Parlemen Spanyol telah mengesahkan paket langkah-langkah penghematan dalam upaya mengatasi krisis utang Eropa.

Pemerintah sosialis Spanyol meloloskan paket bernilai sekitar 18 milyar dolar, termasuk di dalamnya, pemotongan gaji pegawai negeri, dengan selisih satu suara di parlemen, hari Kamis.

Dalam perkembangan terkait, Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner mengatakan, Amerika dan Jerman secara umum sependapat bahwa perlu perombakan regulasi dalam sistem finansial global.

Geithner berkomentar demikian pada hari Kamis di Berlin, setelah bertemu dengan Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble. Geithner sedang melakukan lawatan untuk mendesak para sejawatnya di Eropa agar meyakinan pasar bahwa krisis finansial Eropa tidak akan dibiarkan menyebar.

Amerika Serikat, Jerman dan negara-negara Uni Eropa lainnya berbeda pendapat mengenai cara meregulasi sistem finansial setelah krisis ekonomi terburuk selama bertahun-tahun.

Geithner memuji unsur-unsur dalam paket bantuan yang disusun negara-negara Eropa untuk menghadapi krisis utang Yunani, tetapi ia juga mengatakan paket itu perlu diberlakukan.

Para pejabat Jerman mengatakan perjanjian Uni Eropa harus diubah agar ada sanksi-sanksi lebih keras terhadap negara-negara yang defisitnya terlalu besar.

XS
SM
MD
LG