Tautan-tautan Akses

Spanyol Adakan Rapat Darurat Kabinet Terkait Referendum Catalonia


Perdana Menteri Spanyol menyampaikan pernyataan di Istana Moncloa, Madrid, 11 Oktober 2017. Kabinet Spanyol mengadakan pertemuan darurat untuk membahas tanggapan pemerintah atas desakan sejumlah pemimpin Catalonia yang menginginkan kemerdekaan bagi wilayah semi-otonom tersebut.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy, Rabu (11/10) mengadakan pertemuan darurat Kabinet membahas tanggapan pemerintahannya atas desakan sejumlah pemimpin Catalonia bagi kemerdekaan wilayahnya.

Salah satu pilihan yang kini dipertimbangkan adalah mengambil suatu langkah konstitusional untuk menguasai wilayah semi-otonom tersebut.

Pertemuan hari Rabu (11/10) itu berlangsung sehari setelah pemimpin Catalonia, Carles Puigdemont mendeklarasi kemerdekaan secara simbolis sementara menangguhkan setiap langkah formal, untuk saat ini, demi mengupayakan dialog dengan pemerintahan di Madrid.

Seorang juru bicara pemerintahan Rajoy mengatakandialog tidak mungkin diadakan karena pemimpin Catalonia sudah memutuskan mereka hendak memisahkan diri.

“Pemerintah menolak deklarasi kemerdekaan secara diam-diam oleh Catalonia,” kata juru bicara tersebut. [mg/is]

XS
SM
MD
LG