Tautan-tautan Akses

SpaceX Luncurkan Pesawat yang Diaur Ulang


Foto dari NASA, menunjukkan roket SpaceX Falcon 9, dengan pesawat antariksa Dragon, meluncur dai landasan 39A di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, 3 Juni 2017.

SpaceX meluncurkan pesawat kargo pertama yang didaur ulang hari Sabtu, mengangkut eksperimen dan perbekalan ke Stasiun Antariksa Internasional.

Di samping perbekalan yang biasa, muatan terbaru hampir 3 ton SpaceX, antara lain, tikus dan lalat untuk penelitian, satu jenis baru panel surya yang dapat digulung dan satu detektor bintang neutron.

Setelah tertunda dua hari akibat badai-guntur, pesawat antariksa Falcon-9 yang tak-berawak diluncurkan dengan membawa satu kapsul Dragon yang pertama kali mengangkut barang ke stasiun antariksa hampir tiga tahun yang lalu.

Roket pendorong tahap pertama atau booster yang diterbangkan Sabtu sore adalah sama sekali baru sebagaimana biasanya, dan turun kembali dengan vertical dan berhasil mendarat di Cape Canaveral setelah lepas landas.

Roket pendorong tahap pertama itu direncanakan akan digunakan kembali. Penggunaan kembali roket pendorong tahap-pertama dan kapsul pembawa muatan barang adalah bagian dari usaha SpaceX untuk membatasi biaya.

Dua bulan lalu, SpaceX meluncurkan roket tahap-pertama atau booster yang didaur-ulang dalam misi satelit.

Satu lagi penerbangan yang akan menggunakan roket tahap pertamayang didaur ulang akan diluncurkan berikut bulan ini. [gp]

XS
SM
MD
LG