Tautan-tautan Akses

Sosial Demokrat Raih Suara Terbanyak dalam Pemilu Jerman


Pemimpin hristian Democratic Union (CDU) dan kandidat teratas untuk kanselir Armin Laschet muncul setelah exit poll pertama untuk pemilihan umum di Berlin, Jerman, 26 September 2021. (Foto: REUTERS/Fabrizio Bensch)

Hasil pendahuluan pada Senin (27/9) menunjukkan partai Jerman yang berhaluan tengah, Sosial Demokrat, meraih suara terbanyak dalam pemilihan parlemen nasional, sementara partai-partai berjuang untuk mencari pengganti Kanselir Angela Merkel.

Sosial Demokrat menerima 25,7 persen suara pada pemilu pada Minggu (26/9), diikuti oleh Uni Demokratik Kristen (CDU), pimpinan Merkel yang berhaluan kanan tengah, meraih 24,1 persen.

Gubernur Armin Laschet dari blok konservatif CDU serta menteri keuangan yang akan mengakhiri masa jabatannya sekaligus wakil kanselir Olaf Scholz dari Sosial Demokrat bersaing mengincar jabatan pemimpin ekonomi nasional terbesar di Eropa itu sementara Merkel mundur setelah 16 tahun menjabat sebagai kanselir.

Masing-masing menyatakan mereka akan mendekati partai-partai yang lebih kecil dalam usaha membentuk koalisi pemerintahan, dengan target memiliki pemerintahan baru sebelum akhir tahun ini.

Target utama yang diincar dukungannya adalah partai Hijau, yang menduduki tempat ketiga dengan perolehan 14,8 persen suara, dan partai probisnis Demokrat Bebas yang meraih 11,5 persen suara.

Merkel akan tetap berkuasa sebagai penjabat sementara hingga penggantinya dipilih. [uh/lt]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG