Tautan-tautan Akses

Exit Poll: Hasil Pilpres Jerman Tunjukkan Persaingan Ketat


Angela Merkel ketika berkampanye bersama Armin Laschet, kandidat utama Partai Uni Demokratik Kristen (CDU) di Aachen, Jerman (25/9).
Angela Merkel ketika berkampanye bersama Armin Laschet, kandidat utama Partai Uni Demokratik Kristen (CDU) di Aachen, Jerman (25/9).

Beberapa jajak pendapat menunjukkan Partai Sosial Demokrat yang berhaluan kiri-tengah bersaing sangat sengit dengan blok partai Kanselir Angela Merkel dalam pemilihan parlemen Jerman hari Minggu (26/9), yang akan menentukan pengganti Merkel, yang sudah memimpin selama 16 tahun.

Jajak pendapat menunjukkan persaingan ketat antara Uni Demokratik Kristen yang berhaluan kanan-tengah dan dipimpin gubernur negara bagian Armin Laschet, dengan Partai Sosial Demokrat yang berhaluan kiri-tengah dan dipimpin oleh Olaf Scholz, menteri keuangan dan sekaligus wakil kanselir.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan Partai Sosial Demokrat – yang mengedepankan isu lingkungan hidup dan dipimpin Annalena Baerbock – unggul tipis di peringkat ketiga, beberapa poin di belakang dua pemimpin. Anggota parlemen yang baru terpilih kemungkinan harus membentuk pemerintahan koalisi, yang berarti membutuhkan waktu beberapa minggu lagi sebelum pengganti Merkel dikukuhkan. Tidak ada partai yang diharapkan mendekati mayoritas, dan jajak pendapat menunjukkan semua partai hanya memiliki dukungan kurang dari 30%.

Merkel enggan memberi dukungan langsung di belakang pemimpin mana pun yang ingin menggantikannya, tetapi Sabtu lalu (25/9) menghadiri rapat umum bagi Laschet. Merkel masih akan menjabat sebagai caretaker hingga penggantinya dipilih. [em/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG