Tautan-tautan Akses

Sopir Penabrak Pejalan Kaki di Toronto Diidentifikasi


Polisi Toronto menyelidiki insiden di mana sebuah mobil menabrak banyak orang di persimpangan utama pinggiran utara Toronto di Toronto, Ontario, Kanada, 23 April 2018.
Polisi Toronto menyelidiki insiden di mana sebuah mobil menabrak banyak orang di persimpangan utama pinggiran utara Toronto di Toronto, Ontario, Kanada, 23 April 2018.

Polisi Kanada telah menangkap seorang tersangka berusia 25 tahun yang mereka katakan mengemudikan mobil van ke trotoar yang padat dengan pejalan kaki hari Senin (23/4) di Toronto, menewaskan 10 orang dan melukai 15 orang lainnya.

Kepala Polisi Toronto Mark Saunders mengatakan kepada para wartawan bahwa insiden itu “terlihat disengaja.”

Saunders mengidentifikasi tersangka sebagai Alek Minassian dan mengatakan dia berasal dari pinggiran kota Toronto.

Menteri Keamanan Umum Ralph Goodale mengatakan dia berkonsultasi dengan para pejabat keamanan senior dan berdasarkan semua informasi yang diperoleh “tampaknya tidak ada hubungan keamanan nasional dengan insiden khusus ini.”

Minassian mengemudikan mobilnya di jalan yang ramai sekitar pukul 1:30 siang waktu setempat di kota terbesar Kanada itu ketika dia kemudian mengarahkan van itu ke trotoar. Para saksi mata mengatakan, van itu menabrak orang-orang dan sang pengemudi tampaknya tidak berusaha menghentikannya.

Minassian kemudian ditangkap dalam waktu singkat “tanpa insiden,” menurut polisi.

Perdana Menteri Justin Trudeau menyebut insiden itu sebagai “serangan yang tragis dan tidak masuk akal” dan mengirimkan ucapan belasungkawa kepada para korban dan orang-orang yang mereka cintai.

Sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat “berdiri bersama rakyat Kanada” dan berjanji untuk memberi Kanada dukungan yang dibutuhkannya. [gp]

XS
SM
MD
LG