Tautan-tautan Akses

Siswa Swiss Pecahkan Rekor Dunia Akselerasi Mobil Listrik


Mobil listrik "Mythen" menjalani uji coba di Bandara Dubendorf, Swiss, dalam foto yang dirilis oleh ETH Zurich pada 12 September 2023. (Foto: AFP/ETH Zurich)
Mobil listrik "Mythen" menjalani uji coba di Bandara Dubendorf, Swiss, dalam foto yang dirilis oleh ETH Zurich pada 12 September 2023. (Foto: AFP/ETH Zurich)

Dari nol hingga 100 kilometer per jam dalam waktu kurang dari satu detik! Mobil balap hasil garapan para mahasiswa memecahkan rekor dunia untuk akselerasi kendaraan listrik, ungkap universitas di Swiss pada Selasa (12/9).

Mahasiswa dari Institut Teknologi Federal Swiss Zurich (ETHZ) dan Lucerne University of Applied Sciences merancang dan membangun kendaraan "Mythen" yang mencapai prestasi itu, kata ETHZ dalam pernyataan.

“Kini Guinness World Records telah mengonfirmasi bahwa Mythen memecahkan rekor akselerasi dunia sebelumnya untuk kendaraan listrik,” katanya.

Menempuh jarak 12,3 meter di Swiss Innovation Park di Dübendorf, di seberang bengkel para mahasiswa, mobil ini mampu melaju dari nol hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 0,956 detik.

“Ini mengalahkan rekor dunia sebelumnya yaitu 1,461 detik, yang dibuat pada September 2022 oleh tim dari Universitas Stuttgart,” kata ETHZ.

Menurut pernyataan tersebut, sekitar 30 mahasiswa anggota Academic Motorsports Club Zurich (AMZ) telah menghabiskan sebagian besar waktunya dalam proyek tersebut.

Semua komponen, “mulai dari papan elektronik (PCB) hingga sasis dan baterai, dikembangkan oleh para mahasiswa dan dioptimalkan fungsinya,” katanya.

Kendaraan tersebut hanya berbobot 140 kilogram dan menghasilkan tenaga listrik 240 kilowatt, atau sekitar 326 tenaga kuda.

Pengemudi kendaraan itu, Kate Maggetti, adalah teman para mahasiswa. Ia dilibatkan dalam proyek tersebut “karena bobot tubuhnya yang ringan” dan “kesediaannya menerima tantangan,” kata Yann Bernard, kepala montir di AMZ, kepada kantor berita AFP.

Kontroversi Pembangunan Pabrik Mobil Listrik Afiliasi Tiongkok di Michigan
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:47 0:00

“Mengerjakan proyek sambil kuliah sangat berat,” tambah Bernard dalam pernyataannya.

“Namun demikian sangat menyenangkan bekerja dengan siswa lain untuk terus menghasilkan solusi baru dan mempraktikkan apa yang kami pelajari dalam kelas,” katanya.

“Dan, tentu saja, merupakan pengalaman yang benar-benar unik untuk tercatat dalam rekor dunia.” [ka/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG