Tautan-tautan Akses

Konsep Mobil VW Cupra DarkRebel Menjadi Kenyataan


CEO Volkswagen Herbert Diess memperkenalkan VW ID.3 baru di IAA Auto Show di Frankfurt, Jerman, 9 September 2019. (Foto: AP)
CEO Volkswagen Herbert Diess memperkenalkan VW ID.3 baru di IAA Auto Show di Frankfurt, Jerman, 9 September 2019. (Foto: AP)

Mobil VW Cupra DarkRebel yang sangat digemari akhirnya ditampilkan dalam pameran mobil Jerman Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) di Munich. Konsep rancang bangun mobil sport serba listrik yang menjadi buah bibir ini diciptakan secara virtual dengan bantuan 270.000 ide dari duta dan klien VW.

Dengan mengacu pada kesuksesan masa lalu, pembuat mobil Volkswagen berharap dapat menciptakan kembali popularitas dan permintaan pasar yang besar yang dinikmati mobil Golf GTI ketika pertama kali diluncurkan dari pabrik VW pada tahun 1976.

Kepala Desain grup tersebut, Andreas Mindt mengatakan GTI ID akan melambangkan stabilitas dan yang terpenting akan “disukai.”

Memang masih dalam tahap konsep, namun para desainer di VW menekankan pada warisan budaya.

ID dalam GTI sendiri merupakan singkatan dari Intelligent Design atau Desain Cerdas yang dikembangkan dari konsep sebelumnya ID.2all.

Logo VW dari perusahaan mobil Volkswagen Jerman dipajang di Berlin. (Foto: AP/Markus Schreiber)
Logo VW dari perusahaan mobil Volkswagen Jerman dipajang di Berlin. (Foto: AP/Markus Schreiber)

“Ini benar-benar sumber rahasia dan sekarang kita sudah melihatnya dan saya yakin mudah dimengerti. Bahkan, generasi awal dalam ID.2all sudah mengandung sedikit GTI di dalamnya. Sekarang kami memiliki semuanya secara lengkap dan saya sangat senang bisa berdiri di sini malam ini dan dapat menunjukkannya kepada Anda semua. Ketika kita menyatukan semua elemen dan nilai-nilai ini menjadi satu, maka kita menciptakan ‘merek yang dicintai.’ Dan, itulah tujuan kami," ujar Andreas Mindt.

Meskipun VW berupaya untuk menciptakan kembali sebuah ikon, ada perubahan penting dalam desain yang akan menjadi inti dari mobil ini.

Konsep Mobil VW Cupra DarkRebel Menjadi Kenyataan
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:11 0:00

Andreas Mindt mengatakan, salah satu fitur favoritnya adalah desain roda. Dengan mengamatinya lebih dekat, seseorang akan teringat pada roda baja dari tahun 1976. Kini dengan teknologi baru, tampilan roda itu benar-benar berbeda, namun orang dapat melihat hubungannya dan dapat melihat kekhasannya.

Namun yang menjadi penghalang adalah peluncuran fisik konsep Cupra serba listrik yang telah lama ditunggu-tunggu – DarkRebel. Dirancang dengan kerja sama apa yang dikenal sebagai “Suku Cupra” yang terdiri dari para duta dan klien, konsep tersebut hanya terlihat secara virtual hingga saat ini.

Apa yang bisa digambarkan sebagai sebuah konsep dari sebuah mobil prototipe dua tempat duduk yang sangat bergaya itu memiliki panjang 4,5 meter dan tinggi hanya 1,3 meter, dengan pintu terbuka hingga ketinggian lebih dari dua meter.

Kepala Desain Kursi Cupra Jorge Diez mengatakan konsep baru ini lahir dari luar kelaziman dan dalam kegelapan.

“Kami tidak percaya bahwa mobil listrik harus membosankan. Artinya, bahaya membuat kita merasa hidup, waspada, bergerak dengan tekad. Itulah sebabnya kami menciptakan bagian depan dan belakang mobil ini secara radikal yang memberikan perasaan yang kuat. Di Cupra, kami harus berjuang demi impian kami," tambahnya.

IAA, pameran mobil internasional Jerman berlangsung pada 5-8 September 2023 di Munich. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG