Tautan-tautan Akses

Sistem Pendingin Stasiun Antariksa Tak Berfungsi


Stasiun antariksa mempunyai dua simpal pendingin bertenaga amonia untuk mengusir panas yang disebabkan oleh peralatan.

Badan antariksa Amerika, NASA mengatakan salah satu dari dua sistem pendingin pada stasiun antariksa Internasional tidak berfungsi, memaksa para astronot untuk mematikan sebagian peralatan guna mengurangi hawa panas.

Stasiun antariksa itu mempunyai dua simpal pendingin bertenaga amonia untuk mengusir panas yang disebabkan oleh peralatan. NASA mengatakan salah satu dari simpal itu mati Sabtu malam karena sentakan listrik dalam sebuah modul pemompa yang menyalurkan amonia lewat kabel-kabel.

Kegagalan itu memicu alarm yang berbunyi di stasiun itu dan membuat para awak mematikan beberapa bagian peralatan untuk mencegah simpal pendingin lainnya kelebihan beban.

NASA mengatakan tiga astronot Amerika dan dua astronot Rusia yang berada di stasiun itu aman. Dua modul pompa cadangan di simpan di anjungan di luar stasiun itu.

NASA mencoba untuk menghidupkan kembali sistem pendingin itu hari Minggu namun gagal. NASA kini mempersiapkan misi perbaikan untuk para awak yang tampaknya akan mencakup dua kegiatan di luar angkasa, yang pertama direncanakan paling cepat hari Kamis

XS
SM
MD
LG