Tautan-tautan Akses

Siksa Kucing, Pesebakbola Kurt Zouma Didenda, Kontrak Sponsor Disetop


Pesepak bola asal West Ham United Kurt Zouma bersiap sebelum pertandingan antara klubnya melawan Watford yang digelar di Stadion London, Inggris, pada 8 Februari 2022. (Foto: Reuters/Tony Obrien)
Pesepak bola asal West Ham United Kurt Zouma bersiap sebelum pertandingan antara klubnya melawan Watford yang digelar di Stadion London, Inggris, pada 8 Februari 2022. (Foto: Reuters/Tony Obrien)

Pesepak bola Kurt Zouma, pada Rabu (9/2), didenda senilai dua minggu gaji oleh klubnya West Ham United dan kehilangan kontrak sponsor dengan Adidas setelah tertangkap dalam sebuah video sedang menendang dan menampar kucing.

Sebuah badan amal kesejahteraan hewan mengambilalih dua kucing Zouma saat menyelidiki rekaman video yang kini beredar luas di media sosial dan memaksa pemain internasional Prancis itu menyampaikan permintaan maaf secara terbuka.

Belum diungkapkan berapa besar denda yang dijatuhkan, tetapi media-media Inggris melaporkan denda yang dikenakan West Ham itu mencapai lebih dari $300.000.

Klub Liga Premier itu mengatakan “Kurt dan pihak klub bekerjasama penuh dalam penyelidikan, dan pemain tersebut dengan sukarela mematuhi langkah-langkah yang diambil pada tahap awal proses penyelidikan, termasuk dengan mengirim dua kucing keluarganya ke RSPCA untuk diperiksa.”

Organisasi Pencinta Hewan Selidiki Tindakan Zouma

Lembaga Pencegahan Kekerasan terhadap Hewan (RSPCA), pada Rabu (9/2), mencuit di Twitter bahwa mereka “sedang menyelidiki video (penyiksaan) kucing yang viral, dan kini kedua kucing berada dalam kondisi aman di bawah perlindungan mereka. Kami telah menangani isu ini sejak sebelum video ini viral di dunia maya dan akan mengikuti proses hukum yang tepat serta tidak membahas hal ini lebih jauh karena mematuhi Undang-undang Peraturan Perlindungan Data (GDPR) Inggris.”

West Ham dalam pernyataan yang dirilis pada Rabu (9/2) juga mengatakan bahwa “Kurt Zouma sangat menyesal, dan seperti semua orang di klub, memahami sepenuhnya kedalaman perasaan seputar insiden tersebut dan urgensi tindakan yang harus diambil.”

Klub itu mengatakan terlepas dari penyelidikan yang sedang dilakukan RSPCA “dan menunggu sanksi lebih jauh dari hasil proses penyelidikan itu,” pihaknya telah menjatuhkan denda “dengan jumlah maksimum yang dimungkinkan” yaitu gaji selama dua minggu.

Pernyataan tersebut juga menambahkan bahwa, “Zouma menerima denda yang dijatuhkan itu dan telah meminta agar denda itu disumbangkan ke badan amal kesejahteraan hewan.”

Beberapa Sponsor Setop Dukungan

Beberapa jam setelah video Zouma mengejar, menampar dan melempar kucing-kucing itu viral, produsen pakaian olahraga terkemuka Adidas mengatakan telah menyelesaikan penyelidikannya sendiri dan memutuskan untuk tidak lagi “mengontrak” Zouma.

West Ham juga mendapat tekanan dari sponsor-sponsornya. Vitality, pada Rabu (9/2), mengatakan pihaknya menangguhkan sponsornya sebagai mitra kesehatan resmi klub itu, dan akan berbicara dengan West Ham “untuk memahami tindakan apa yang akan mereka ambil guna mengatasi situasi itu.”

Zouma telah menjadi starter untuk West Ham saat mengungguli Watford 1-0 di pertandingan Liga Premier pada Selasa (8/2) malam, beberapa jam setelah klub itu mengecam keras tindakan sang pemain belakang. [em/pp]

XS
SM
MD
LG