Tautan-tautan Akses

Sidang Pemakzulan Trump Bisa Pengaruhi Pemilu 2020


Presiden AS Donald Trump menyapa para pendukungnya saat kampanye di Milwaukee, Wisconsin, 14 Januari 2020. (Foto: Reuters)
Presiden AS Donald Trump menyapa para pendukungnya saat kampanye di Milwaukee, Wisconsin, 14 Januari 2020. (Foto: Reuters)

Presiden Donald Trump telah membuat sejarah sebagai presiden AS ketiga yang dimakzulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Trump sekarang berharap untuk membuat sejarah lagi dengan menjadi presiden pertama menghadapi pemakzulan yang memenangkan pemilihan kembali.

Sidang pemakzulan Presiden Trump di Senat berlangsung pada Selasa (21/1/2020) dengan harapan yang tinggi untuk menyatakan Trump bersalah dan memecatnya dari jabatan. Dua pertiga dari Senat, 67 dari 100 senator, harus memvonis Trump bersalah untuk memecatnya.

Kemungkinan tersebut sangat kecil mengingat bahwa Partai Republik memegang mayoritas 53 melawan 47 kursi diSenat dan hanya sedikit indikasi Partai Republik menentang presiden.

Babak Senat dalam drama pemakzulan ini sudah dimulai dengan penuh antisipasi sementara kampanye presiden 2020 memasuki fase kritis dengan persaingan Partai Demokrat yang diikuti banyak kandidat untuk melawan Trump pada November. [my/pp]

XS
SM
MD
LG