Tautan-tautan Akses

AS

Peringatan Setahun Serangan Teroris di Orlando, Florida


Warga AS di Orlando, Florida memperingati setahun serangan teroris 12 Juni 2016, hari Senin (12/6).

Dua walikota yang menjadi bagian program pemulihan terpadu setelah penembakan di klub malam Pulse, Orlando, berbicara dalam sebuah upacara peringatan satu tahun serangan teroris itu.

Walikota Orlando, Buddy Dyer dan Walikota Orange County, Teresa Jacobs mengajak kota tersebut untuk terus melakukan pemulihan dan berbicara bahwa tragedi itu tidak akan menentukan kota. Keduanya mengatakan hari Senin, ketabahan dan kasih yang ditunjukkan setelah tragedi itulah yang paling dikenang.

Hari Senin menandai peringatan setahun penembakan 12 Juni 2016. Empat puluh sembilan orang tewas di dalam klub malam itu.

Paduan suara Orlando Gay Chorus membawakan empat lagu dan nama semua korban dibacakan sebagai bagian dari upacara itu.

Ratusan orang di Orlando, Florida, meletakkan bunga, kartu dan gambar di klub malam Pulse, untuk mengingat korban yang terbunuh setahun yang lalu.

Banyak orang menangis dan yang tidak saling kenalpun berpelukan pada peringatan khitmad hari Senin.

Nama korban dibacakan dengan suara keras, mulai pukul 02:02 hari Senin subuh. Pada saat itulah, teroris Omar Mateen mulai menembaki korbannya setahun yang lalu, dalam acara “Malam Latin” di klub malam gay di jantung kota Orlando.

Pada siang hari, lonceng gereja di seluruh kota berdentang 49 kali. Gubernur Rick Scott juga memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang di sekitar Florida pada hari Senin.

Mateen berjanji setia kepada ISIS dalam serangan itu dan akhirnya dibunuh oleh polisi dalam baku tembak setelah konfrontasi tiga jam dengan polisi.

Istri Mateen, Noor Salman, menghadapi tuntutan membantu dan bersekongkol serta menghalangi di pengadilan federal, dan dia mengaku tidak bersalah dalam membantu suaminya. [ps/al]

XS
SM
MD
LG