Tautan-tautan Akses

Serena Williams Hamil, Absen dari Tenis Musim Ini

  • Associated Press

Serena Williams ketika menjuara gelar grand slam tunggal putri ke-23 pada turnamen Australia Terbuka di Melbourne, 28 Januari lalu (foto: dok).

Ini adalah 'arena' lainnya bagi petenis AS Serena Williams: Dia positif hamil dan, kemungkinan bahkan sudah hamil saat ia keluar sebagai juara tunggal putri turnamen grand slam Australia Terbuka di Melbourne akhir Januari lalu.

Seorang juru bicara Serena Williams, Kelly Bush Novak, mengirim sebuah email ke Associated Press hari Rabu (19/4) yang mengatakan, "Saya senang untuk mengkonfirmasi (bahwa) Serena mengharapkan (kelahiran) bayinya pada musim gugur tahun ini."

Sebelumnya hari Rabu, Serena memposting foto dirinya di media sosial Snapchat dengan judul "20 minggu" memicu spekulasi apakah dia tengah hamil. Williams yang berusia 35 tahun menjuarai Grand Slam ke-23 di Australia Terbuka pada akhir Januari lalu - atau baru sekitar 12 minggu yang lalu (berarti Serena diperkirakan sudah hamil sekitar 8 minggu ketika menjuarai Australia Terbuka).

Serena belum mengikuti kompetisi sejak kemenangannya di Melbourne dengan alasan cedera lutut, ketika ia mengumumkan pengunduran dirinya dari turnamen di Indian Wells di California, dan Key Biscayne di Florida. Sebelumnya, pada akhir Desember lalu Serena mengumumkan bahwa dirinya telah bertunangan dengan pendiri laman Reddit, Alexis Ohanian.

Serena tampaknya akan absen selama sisa musim tenis tahun ini, sebuah pukulan bagi cabang olahraga di mana Serena adalah bintang yang tak tertandingi. Namun, tentu saja absennya Serena akan membuat pesaing lainnya menjadi lebih mudah menjuarai turnamen grand slam.

Turnamen grand slam berikutnya adalah kejuaraan Perancis Terbuka, yang dimulai pada 28 Mei, kemudian Wimbledon yang dimulai pada awal Juli, dan turnamen AS Terbuka pada akhir Agustus.

Ada preseden baru bagi seorang pemain tenis untuk kembali bertanding setelah menjadi seorang ibu. Kim Clijsters, misalnya, sempat pensiun sebentar untuk menjadi seorang ibu, kemudian kembali beraksi di lapangan dan memenangkan gelar Grand Slam.

Mantan juara grand slam lainnya, Victoria Azarenka, telah mengumumkan bahwa dia akan kembali mengikuti turnamen segera setelah melahirkan (21 Desember lalu).

Jumlah 23 gelar tunggal putri grand slam yang dimiliki Serena Williams adalah rekor terbanyak untuk era kejuaraan Terbuka yang dimulai pada tahun 1968. Serena mematahkan rekor Steffi Graf yang memiliki 22 gelar grand slam. Hanya seorang perempuan lainnya yang memenangkan gelar grand slam lebih banyak: Margaret Smith Court dengan 24 gelar juara, namun sebagian gelar tersebut diraihnya pada era amatir. [pp]

XS
SM
MD
LG