Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Saudi Tewaskan Pemimpin Politik Houthi


Saleh al-Sammad, Pemimpin Politik Houthi berbicara di depan pendukungnya di Sana'a, Yaman November tahun lalu (foto: dok).
Saleh al-Sammad, Pemimpin Politik Houthi berbicara di depan pendukungnya di Sana'a, Yaman November tahun lalu (foto: dok).

Pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman mengatakan, hari Senin (23/4), pemimpin politik mereka, Saleh al-Sammad tewas pekan lalu dalam serangan udara oleh Arab Saudi.

Sammad adalah pejabat paling senior Houthi yang terbunuh oleh koalisi pimpinan Arab Saudi yang campur tangan dalam perang saudara Yaman sejak tahun 2015 dan mencoba mengalahkan Houthi setelah mereka mengusir pemerintah yang diakui dunia internasional ke pengasingan di Arab Saudi.

Sammad berada di urutan kedua dalam daftar sasaran koalisi di Yaman, setelah pemimpin tertinggi Houthi, Abdel-Malek al-Houthi. Sebuah tayangan oleh penyiaran milik Saudi mengatakan, ada hadiah sebesar $20 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Sammad.

Pemberontak mengatakan Sammad "syahid" atau tewas sebagai martir di provinsi timur Hodeida Kamis lalu.

Lebih dari 10.000 orang tewas dalam perang saudara itu. Dalam kekerasan terakhir Minggu malam, pemberontak mengatakan serangan udara Saudi itu menyerang sebuah pesta pernikahan, menewaskan sedikitnya 20 orang, termasuk pengantin perempuan. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG