Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Saudi atas Pasar di Yaman Tewaskan 10 orang


Warga memeriksa lokasi serangan udara yang dilancarkan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi di Sanaa, Yaman, 16 Mei 2019.

Koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan udara atas sebuah pasar di utara Yaman dan menewaskan sedikitnya 10 orang, termasuk anak-anak dan melukai lebih dari 20 lainnya, kata para petugas kesehatan dan media pemberontak Houthi.

Sejumlah rudal menghantam pasar al-Thabet di Provinsi Saada, Senin (29/7). Serangan udara itu tampaknya pembalasan atas serangan drone Houthi atas sebuah pangkalan udara Saudi.

Juru bicara koalisi menuduh kelompok Houthi sendiri yang menyerang pasar itu untuk menyalahkan kelompok Yaman yang menentang mereka.

Kelompok Houthi yang didukung Iran itu telah meningkatkan serangan misil dan drone-nya atas bandara dan sasaran-sasaran militer yang terdapat di kawasan Saudi sebagai jawaban atas berlanjutnya serangan udara koalisi.

Serangan udara pimpinan Saudi itu telah menghancurkan banyak kawasan penduduk dan menewaskan ribuan warga sipil sejak 2015.

Senat Amerika pada Senin gagal membatalkan veto presiden Trump atas usaha Senat menghalangi penjualan senjata Amerika kepada Arab Saudi. Pemerintahan Trump mengatakan penjualan senjata kepada sekutunya itu penting untuk melawan ancaman dari Iran.

Pemerintah Saudi menuduh Iran memasok senjata bagi pemberontak Houthi, tuduhan yang dibantah oleh Iran. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG