Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Cegat Beberapa Drones Baru Pemberontak Yaman


Yahya Sarea, juru bicara militer Houthi saat memberikan konfirmas di Yemen bahwa pihaknya bertanggung jawab atas serangan drone terhadap fasilitas minyak Arab Saudi, 14 Mei 2019.

Pesawat-pesawat nirawak atau drone pemberontak Yaman yang menarget bandara sipil di Arab Saudi selatan, berhasil dicegat hari Kamis (4/7), kata koalisi militer pimpinan Saudi, ketika kelompok Houthi yang terkait Iran meningkatkan serangan mereka terhadap negara kerajaan itu.

Drone-drone itu menarget bandara Jizan, kata koalisi dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Badan Pers Saudi. Koalisi pimpinan Saudi tidak melaporkan adanya kerusakan atau korban.

Pemberontak Houthi sebelumnya mengklaim serangan pesawat tak berawak terhadap bandara di Jizan dan Abha, ibu kota provinsi Asir selatan, menurut saluran TV kelompok Houthi, Al-Masirah.

Pemberontak Houthi yang menghadapi pemboman koalisi terus-menerus sejak Maret 2015 dan telah merenggut banyak korban sipil di Yaman, meningkatkan serangan rudal dan pesawat nirawak terhadap wilayah Saudi, dalam beberapa pekan terakhir.

Pada Selasa (2/7), serangan drone pemberontak Yaman atas bandara Abha melukai sembilan warga sipil, kata koalisi.

Sebelumnya pada 23 Juni, serangan pemberontak terhadap bandara Abha menewaskan seorang warga Suriah dan melukai 21 warga sipil lainnya, menurut koalisi pimpinan Saudi. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG