Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Israel Hantam Jalur Gaza


Asap mengepul akibat serangan udara Israel di Kota Gaza, Rabu, 10 Mei 2023. (Foto: AP)
Asap mengepul akibat serangan udara Israel di Kota Gaza, Rabu, 10 Mei 2023. (Foto: AP)

Israel melancarkan serangan udara semalam di Jalur Gaza, termasuk satu serangan pada Kamis (11/5) dini hari yang menurut militer menewaskan satu pemimpin pasukan roket Jihad Islam.

Serangan itu terjadi di tengah-tengah ledakan kekerasan berhari-hari, dengan Israel melancarkan serangan di Tepi Barat dan militan Palestina menembakkan roket.

Para pejabat dari kedua pihak mengatakan Mesir sedang berupaya memperantarai gencatan senjata.

Kekerasan telah menewaskan sedikitnya 23 orang Palestina sejak Selasa, termasuk tiga komandan senior Jihad Islam dan 10 warga sipil.

PM Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam pidato televisi Rabu larut malam bahwa tidak ada orang Israel yang terluka.

Netanyahu mengatakan pasukannya telah memukul keras militan, tetapi operasi militer Israel itu belum berakhir.

“Kami katakan kepada teroris dan yang mengirim mereka, kami melihat kalian di mana-mana,” kata Netanyahu. “Kalian tidak dapat bersembunyi, dan kami memilih tempat dan waktu untuk menyerang kalian.”

Di Washington, Gedung Putih mengatakan penasihat keamanan nasional Jake Sullivan membahas konflik hari Rabu dengan penasihat keamanan nasional Israel, Tzachi Hanegbi, menekankan “perlunya meredakan ketegangan dan mencegah jatuhnya korban jiwa lebih jauh.”

Menurut pernyataan itu, Sullivan menegaskan kembali dukungan AS untuk keamanan Israel dan haknya membela diri dari serangan roket. [uh/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG