Tautan-tautan Akses

Serangan Israel Tewaskan 3 Komandan di Gaza dan Belasan Warga Sipil


Asap mengepul setelah serangan Israel, di Khan Younis, Jalur Gaza selatan Selasa 9 Mei 2023. (Foto: Ibraheem Abu Mustafa/Reuters)
Asap mengepul setelah serangan Israel, di Khan Younis, Jalur Gaza selatan Selasa 9 Mei 2023. (Foto: Ibraheem Abu Mustafa/Reuters)

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Selasa (9/5) bahwa eskalasi oleh militan Gaza akan dibalas dengan “tanggapan yang menghancurkan.”

Netanyahu mengaku telah memerintahkan pasukan keamanan untuk mempersiapkan skenario apa pun, termasuk eskalasi di lebih dari satu front.

“Malam ini kami mengatakan kepada musuh-musuh kami – eskalasi seperti apa pun yang Anda mulai akan kami balas dengan tanggapan yang menghancurkan,” kata Netanyahu dalam konferensi pers setelah ia menggelar pertemuan kabinet keamanan di Tel Aviv.

Sebelumnya, Israel tewaskan tiga komandan Jihad Islam dan 10 warga sipil dalam serangan udara mendadak di Gaza pada hari Selasa (9/5), kata pejabat Palestina, memicu ancaman pembalasan dari faksi tersebut dan kecaman dari Mesir, yang telah menengahi upaya gencatan senjata di daerah kantong itu pada masa lalu.

Sebagai tanggapan, Israel menutup jalanan di kota-kota Israel di dekat Gaza, memerintahkan warga di sana untuk berada dekat dengan tempat perlindungan dari bom, dan mengatakan pihaknya memanggil beberapa pasukan militer cadangan.

Sementara itu, warga Palestina menghadiri proses pemakaman bagi para korban serangan udara tersebut.

Um Mohammad, tetangga salah seorang korban tewas, menuturkan, “Saya ingin memberi tahu kepada pihak pendudukan agar tidak merasa senang dengan pembunuhan Abu Mohammad dan bahwa ia sudah tiada. Akan ada lebih banyak pejuang yang muncul setelah kematiannya. Mereka akan berjuang dan berjuang, karena ini adalah negara dan tanah kami, ini demi kami, warga Palestina. Akan ada keadilan bagi orang-orang yang berhak atas tanah ini, kami adalah pemilik sahnya, dan kami berharap akan menang.”

Pejabat kesehatan mengatakan ada 10 warga sipil, termasuk empat anak dan lima perempuan, yang juga tewas dalam serangan udara yang melanda daerah pemukiman padat penduduk di Gaza.

Para pelayat membawa jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan udara Israel, saat pemakaman mereka di Kota Gaza, Selasa, 9 Mei 2023.
Para pelayat membawa jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan udara Israel, saat pemakaman mereka di Kota Gaza, Selasa, 9 Mei 2023.

Mohammad Khuswan berduka atas kematian saudara laki-lakinya, Jamal – seorang dokter gigi yang dikenal suka menawarkan pengobatan gratis bagi keluarga miskin, yang tinggal di blok yang sama dengan seorang pemimpin Jihad Islam.

Khuswan terbunuh bersama istri dan putranya yang berusia 21 tahun, yang seorang mahasiswa kedokteran. Keluarga itu sedang tidur di apartemen mereka di pusat kota Gaza ketika serangan terjadi.

Militer Israel mengatakan sedang memeriksa laporan adanya korban jiwa dari kalangan sipil, namun tidak segera memberi tanggapan.

Serangan udara itu adalah insiden terbaru dalam aksi kekerasan yang melonjak selama lebih dari satu tahun terakhir, dengan serangan militer Israel yang berulang kali dan meningkatnya kekerasan pemukim di Tepi Barat yang diduduki, di tengah serentetan seranganan jalanan yang dilakukan warga Palestina terhadap warga Israel.

Israel mengatakan, 40 jet terlibat dalam apa yang disebut sebagai serangan “terarah,” sementara Jihad Islam berjanji akan “menyamai ukuran tindak kejahatan itu.”

Jihad Islam mengonfirmasi kematian tiga komandannya, Jihad Ghannam dan Tareq Izzeldeen – yang dituduh juru bicara militer Israel merancang operasi di Tepi Barat dan berusaha membawa masuk roket ke kota Jenin – serta Khalil Al-Bahtini, yang mengoordinasi serangan roket ke Israel seminggu sebelumnya.

Secara total, sedikitnya 15 warga Palestina tewas terbunuh dalam serangan tersebut.

Dua pria meninggal kemudian, kata paramedis Palestina, setelah jet Israel menembaki apa yang disebut militer sebagai tim anti-tank di dekat perbatasan sisi selatan Gaza yang diblokade Israel. [rd/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG