Tautan-tautan Akses

Serangan Taliban Tewaskan 16 Polisi di Afghanistan


Letak wilayah Maiwand, provinsi Kandahar, Afghanistan (Foto: dok).

Kandahar dikenal sebagai tempat kelahiran Taliban dan merupakan ibukota de-facto Afghanistan ketika kelompok pemberontak memerintah sebagian besar negara itu sebelum disingkirkan dari kekuasaan pada akhir 2001 oleh koalisi militer pimpinan AS.

Pemberontak Taliban telah melancarkan serangan besar semalam di wilayah selatan Afghanistan, menewaskan sedikitnya 16 polisi dan menduduki dua pos.

Seorang pejabat keamanan setempat mengatakan kepada VOA, Jumat (20/1) pertempuran pecah di distrik Maiwand, Kandahar. Pasukan Afghanistan, menurutnya, juga menyebabkan banyaknya jumlah korban pada pihak Taliban setelah bentrokan itu.

Dia melaporkan para penyerang juga merebut tiga kendaraan militer buatan AS, yang disebut Humvee. Pejabat itu meminta namanya tidak disebut.

Juru bicara kepolisian provinsi Kandahar, Zia Durrani, mengatakan kepada VOA, 27 pejuang Taliban, termasuk empat komandan penting, tewas.

Juru bicara pemerintahan provinsi itu, Samim Khpolwak, mengkonfirmasi pertempuran namun menolak untuk membahas rincian lebih lanjut.

Kandahar dikenal sebagai tempat kelahiran Taliban dan merupakan ibukota de-facto Afghanistan ketika kelompok pemberontak memerintah sebagian besar negara itu sebelum disingkirkan dari kekuasaan pada akhir 2001 oleh koalisi militer pimpinan AS.

Sebagian besar kabupaten di propinsi tetangganya, Helmand, yang terbesar dari 34 provinsi Afghanistan, berada di bawah kendali Taliban dan pertempuran juga berlangsung di provinsi Uruzgan di dekatnya. [as/ab]

XS
SM
MD
LG