Tautan-tautan Akses

Serangan Militer AS di Yaman, 7 Militan Al-Qaida Tewas


Provinsi Marib di Yaman.

Militer Amerika mengatakan telah menewaskan tujuh militan dari afiliasi al-Qaida di Yaman dalam sebuah serangan kontraterorisme.

Komando Pusat Amerika mengatakan dalam penggerebekan tersebut pada hari Selasa (23/5) di distrik Marib tersebut, pasukan Amerika menggunakan serangan udara dan senjata ringan untuk membunuh militan di sebuah kompleks yang terkait dengan al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP).

“Serangan seperti ini memberi wawasan tentang disposisi, kemampuan, dan niat AQAP, yang memungkinkan kita terus mengejar, mengganggu, dan menurunkan kemampuan AQAP," kata sebuah pernyataan CENTCOM.

Amerika mengatakan operasi tersebut dilakukan dengan dukungan pemerintah Yaman.

Pesawat tempur dan pesawat nirawak milik Amerika melakukan serangan udara pada bulan Maret yang menarget AQAP di bagian-bagian lain di Yaman.

Pada bulan Januari, komando AS menggerebek kompleks AQAP lainnya dalam sebuah operasi yang menyebabkan anggota pasukan elit AL Amerika (Navy SEAL) William “Ryan” Owens tewas. Di antara mereka yang tewas dalam serangan tersebut adalah Nawar Anwar al-Awlaki, anak perempuan Anwar al-Awlaki, ulama radikal dan warga negara Amerika yang menjadi sasaran dan tewas dalam serangan pesawat nirawak pada tahun 2011.

AQAP telah lama dipandang oleh Amerika sebagai ancaman teror utama. Pada tahun 2010, kelompok tersebut berusaha mengirim paket yang mengandung bahan peledak ke Amerika.

Tahun sebelumnya, kelompok itu mengirim Umar Farouk Abdulmutallab kelahiran Nigeria, yang direkrut oleh Awlaki, untuk meledakkan sebuah bom yang disembunyikan dalam celana dalamnya penerbangan menuju Detroit. [lt]

XS
SM
MD
LG